Tertawa Tidak Hanya Menyenangkan, Tetapi juga Miliki Manfaat Kesehatan

December 08, 2022 | Helmi

manfaat tertawa

Selama ini kita tertawa sebagai bentuk ekspresi saat melihat hal yang lucu atau menyenangkan. Ternyata penelitian menunjukkan bahwa tertawa menimbulkan berbagai manfaat seperti pengurangan stres dan peningkatan pernapasan hingga memberikan dorongan ekstra pada sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan toleransi rasa sakit.

Tapi salah satu manfaat tertawa yang paling penting mungkin adalah efek positifnya pada kesehatan mental dan kemampuan untuk mengatasi banyak rintangan kehidupan, terutama seiring bertambahnya usia. Tantangannya adalah menjaga agar otot humor tetap terpompa dan prima.

"Penelitian menunjukkan bahwa pada usia sekitar 23 tahun, kecenderungan kita untuk tertawa mulai menguap, kita memiliki lebih banyak tanggung jawab - lulus kuliah, pekerjaan profesional, promosi, pinjaman, suku bunga variabel, dan hal-hal seperti itu," kata Paul Osincup, seorang humor ahli strategi dan mantan presiden Association for Applied and Therapeutic Humor. "Kami benar-benar tidak mendapatkan kembali tawa itu sampai kami berusia 70-an."

Tetapi 50 tahun yang aneh tampaknya seperti waktu yang sangat lama untuk mendapatkan kembali salah satu anugerah hidup yang paling berharga, itulah sebabnya seperti semua otot, prinsip "gunakan atau hilangkan" berlaku.

"Seperti semua teknik mindfulness dan psikologi positif lainnya, ini membutuhkan latihan, niat, dan kerentanan," kata Mallori DeSalle, direktur Implementasi SBIRT dan Pelatihan Wawancara Motivasi di Universitas Indiana di Bloomington dan spesialis kesehatan mental berlisensi dan profesional humor bersertifikat.

Manfaat Tertawa

"Premisnya adalah bahwa kapan saja, kita dapat melihat hidup kita sebagai drama atau komedi. Semakin kita membenamkan diri dalam humor dan benar-benar mulai belajar bagaimana menggunakan dan merasakan humor - bukan karena kebetulan tetapi karena pilihan - kita mulai mendorong pompa untuk kepositifan dalam hidup kita," katanya.

YesDok Ads

Tertawa dapat dirangsang oleh kontak fisik (misalnya, menggelitik), atau diinduksi oleh obat-obatan (misalnya, gas tertawa atau oksida nitrat selama prosedur gigi).

Tertawa juga bisa disebabkan oleh perubahan sistem saraf tubuh atau karena kondisi kesehatan mental. Bentuk tawa ini disebut tawa patologis.

Namun sejauh menyangkut kesehatan dan kesejahteraan, jenis tawa yang paling penting adalah yang paling dikenal orang, yang menurut ulasan tahun 2021, adalah tawa yang tulus atau spontan. Ini adalah jenis tawa yang dipicu oleh rangsangan dari luar seperti lelucon lucu atau yang dibawa melalui emosi positif.

"Ini juga dapat diaktifkan dengan latihan humor, yang merupakan sweet spot bagi para humoris terapeutik," ujar DeSalle dan mitra praktiknya Lodge McCammon, PhD, pendidik, humoris terapeutik, dan musisi.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads