Tertawa Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

November 26, 2020 | Helmi

tertawa

Sebuah penelitian berjudul "Pengantar Psikologi Humor" melihat adanya kekuatan tawa untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Orang-orang mulai tertawa sejak bayi, itu membantu mengembangkan otot dan kekuatan tubuh bagian atas. Tertawa tidak hanya sekedar bernapas. Ini bergantung pada kombinasi kompleks otot wajah, sering kali melibatkan gerakan mata, kepala, dan bahu.

Tertawa mengaktifkan banyak wilayah di otak: korteks motorik, yang mengontrol otot; lobus frontal, yang membantu Anda memahami konteks; dan sistem limbik, yang memodulasi emosi positif.

Mengaktifkan semua sirkuit ini memperkuat koneksi saraf dan membantu otak yang sehat mengoordinasikan aktivitasnya.

Tertawa dapat meningkatkan suasana hati Anda dan membuat respons fisik dan emosional Anda terhadap stres menjadi kurang intens. Misalnya, tertawa dapat membantu mengontrol tingkat neurotransmitter serotonin di otak, serupa dengan yang dilakukan antidepresan.

Dengan meminimalkan respons otak Anda terhadap ancaman, hal itu membatasi pelepasan neurotransmiter dan hormon seperti kortisol yang dapat merusak sistem kardiovaskular, metabolisme, dan kekebalan Anda dari waktu ke waktu.

YesDok Ads

Tertawa seperti penawar stres, yang melemahkan sistem ini dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.

Selera humor yang baik dan tawa yang mengikutinya bergantung pada ukuran kecerdasan sosial dan sumber daya memori yang memadai.

Banyak keterampilan kognitif dan sosial bekerja sama untuk membantu Anda memantau kapan dan mengapa tawa terjadi selama percakapan. Anda bahkan tidak perlu mendengar tawa untuk bisa tertawa.

Tertawa menciptakan ikatan dan meningkatkan keintiman dengan orang lain. Ahli bahasa Don Nilsen menunjukkan bahwa tertawa kecil jarang terjadi saat sendirian, mendukung peran sosial dengan orang lain. Sejak awal kehidupan, tawa bayi merupakan tanda kesenangan eksternal yang membantu memperkuat ikatan dengan pengasuh.

Dengan melatih sedikit tertawa setiap hari, Anda dapat meningkatkan keterampilan sosial yang mungkin tidak Anda alami. Ketika Anda tertawa sebagai respons terhadap humor, Anda berbagi perasaan dengan orang lain dan belajar dari risiko bahwa respons Anda akan diterima, dibagikan dan dinikmati oleh orang lain.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads