0 Point
mimpi basah pada wanita

Ternyata Wanita Juga Bisa Alami Mimpi Basah

Bila mendengar kata mimpi basah mungkin identik dengan pria. Mimpi basah memang salah satu tanda umum saat laki-laki remaja memasuki pubertas. Tapi tahukah Anda mimpi basah juga bisa dialami oleh wanita?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Psychology & Sexuality mengatakan wanita bisa mengalami mimpi basah diperkirakan karena berkurangnya stigma soal kehidupan seks perempuan, maka membuat mereka lebih mengingat mimpi seksual. Sementara menurut para ahli peneliti kesehatan tidur di University of Freiburg, Jerman, wanita berusia 16-30 tahun mengalami mimpi basah atau soal seksual tiga kali lebih banyak daripada yang terjadi pada 50 tahun lalu.

Mimpi basah sebenarnya sebagai tanda pubertas saat adanya peningkatan hormon yang membantu perkembangan organ seksual. Pada pria, hormon tersebut dikenal dengan testosteron. Sedangkan pada wanita disebut hormon estrogen. Hormon tersebut membantu reproduksi secara keseluruhan. Itu kenapa, saat memasuki masa pubertas kedua hormon ini meningkat dan mimpi basah adalah salah satu refleks dari respon alami tubuh terhadap perubahan hormon. Sehingga tidak heran jika wanita pun dapat mengalami mimpi basah juga meski lebih jarang terjadi. Dan, tidak seperti pria yang akan berujung ejakulasi saat mimpi basah.

Seiring bertambahnya usia, hormon tersebut akan lebih seimbang dalam tubuh. Kemungkinan frekuensi mimpi basah pada wanita pun akan ikut berkurang. Jika mimpi basah terjadi di usia produktif, Anda tidak perlu khawatir. Umumnya, mimpi basah ini normal terjadi apalagi pada orang yang belum memiliki pasangan. Perlu diketahui, khususnya untuk para orang tua, waktu pubertas anak laki-laki terjadi pada usia 12-16 tahun sedangkan wanita pada usia 10-14 tahun.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan penyebab mimpi basah pada wanita. Namun para ahli menduga hal ini berkaitan dengan sejumlah faktor seperti rangsangan seksual yang terjadi ketika tertidur. Selain itu, terjadi karena tahapan tidur rapid eye movement (REM) yang meningkatkan aliran darah ke organ intim. 

(Foto:a sweet life)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok