Ternyata Asam Lambung Bisa Sebabkan Sleep Apnea

September 17, 2022 | Aqiyu

Ternyata Asam Lambung Bisa Sebabkan Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang berpotensi serius ketika berhenti bernapas sekitar 10 detik.  Bahkan kondisi ini dapat terjadi berulang kali sebanyak ratusan kali selama tidur. Banyak faktor yang menyebabkan sleep apnea, salah satu penyebab terjadi sleep apnea adalah akibat asam lambung. 

Ketika asam lambung naik atau kambuh, tentu penderita akan merasa tidak nyaman. Rasa Nyeri atau sensasi terbakar di bagian perut dapat timbul saat asam lambung kambuh. Selain itu, dada serta tenggorokan pun ikut terasa nyeri. Gejala yang ditimbulkan akibat asam lambung ini dapat membuat penderitanya sulit tidur. Sehingga lama kelamaan dapat mengganggu kualitas tidur seseorang dan fatalnya mencetuskan sleep apnea.

Menurut data National Sleep Foundation, penyakit asam lambung menjadi salah satu penyebab utama terjadinya gangguan tidur pada orang dewasa yang berusia antara 45-64 tahun. Adapun gejala asam lambung yang dirasakan saat malam hari menjelang tidur meliputi sleep apnea, insomnia, sindrom kaki gelisah dan kantuk siang hari.

Asam lambung dapat kambuh di malam hari akibat pengaruh posisi tubuh serta gaya gravitasi. Dimana saat seseorang duduk atau berdiri dapat mengurangi risiko refluks makanan dari perut kembali menuju kerongkongan. Sedangkan saat Anda dalam posisi tidur atau berbaring, gravitasi tidak dapat mendorong asam lambung turun. Hal inilah yang cenderung memicu terjadinya refluks atau asam lambung. 

YesDok Ads

Begitu juga disebutkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information bahwa asam lambung dapat kambuh akibat penurunan menelan saat tidur. Apalagi, saat tidur produksi air liur akan berkurang. Padahal peran air liur pada manusia untuk membantu menetralkan asam lambung. Dimana dapat mencegah kebocoran asam lambung ke kerongkongan.

Cara mengatasi gangguan tidur karena asam lambung naik

Gangguan tidur seperti sleep apnea memang terdengar menyeramkan. Ya, memang sleep apnea bila tidak ditangani dapat berpeluang besar menyebabkan kematian. Untuk itu, Anda Harus mengetahui bagaimana cara mengatasi gangguan tidur akibat naiknya asam lambung:

  1. Pastikan Anda meninggikan posisi kepala saat tidur atau berbaring.
  2. Menurut sebuah penelitian posisi tidur yang dapat dicoba untuk seseorang yang sulit tidur karena asam lambung adalah miring ke kiri. 
  3. Bila asam lambung terus menerus kambuh, ada baiknya Anda menurunkan bobot ke berat badan yang ideal.
  4. Usahakan menggunakan pakaian tidur yang nyaman, tidak ketat agar tidak memberikan penekanan pada bagian perut.
  5. Hindari makan terlalu malam apalagi menjelang tidur.
  6. Anda dapat makan dengan porsi yang kecil namun sering.
  7. Pastikan Anda menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Bila asam lambung sering terjadi hingga mengganggu aktivitas Anda di siang hari, bahkan kambuh saat malam hari dan menyebabkan sleep apnea, segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

YesDok Ads