Terlalu Sering Menguap, Ada Apa?

May 12, 2020 | Claudia

Menguap

Saat tengah berpuasa, kita kerap diganggu rasa kantuk yang tak tertahankan. Menguap menjadi salah satu kegiatan rutin yang sulit terelakkan. Tapi, Anda perlu waspada jika Anda terlalu sering menguap, meski sudah mendapatkan tidur cukup selama 8 jam.

Menguap biasanya menjadi pertanda bahwa Anda tengah mengantuk atau sedang bosan. Tak hanya itu, menguap juga bisa menunjukkan bahwa tubuh mencoba mengirim sinyal tentang kondisi kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari.

Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan Anda terus menguap sepanjang hari dan perlu Anda waspadai:

Epilepsi

Epilepsi menjadi salah satu kondisi kesehatan yang membuat penderitanya terus menguap. Epilepsi menyebabkan otak mengirim sinyal-sinyal abnormal, yang dalam beberapa kasus bisa membuat seseorang terus menguap secara berlebihan.

Masalah di otak

Saat terjadi masalah di otak, Anda juga bisa terus menguap secara berlebihan. Terlalu sering menguap bisa jadi akibat adanya peradangan otak yang disebabkan oleh stroke. Penelitian juga menunjukkan bahwa menguap secara berlebihan merupakan gejala pada pasien yang menderita lesi di batang otak mereka.

YesDok Ads

Gangguan hati

Masalah pada organ hati juga bisa menjadi alasan mengapa Anda terus menguap sepanjang hari. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kegagalan pada fungsi hati. Segera periksakan kondisi mencurigakan pada tubuh Anda untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

Multiple sclerosis

Sebuah penelitian menyatakan bahwa, seseorang yang menderita multiple sclerosis juga mengalami ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka (disfungsi thermoregulatory) sehingga menyebabkan serangan menguap.

Gangguan tidur

Alasan paling umum dari kondisi menguap yang berlebihan adalah gangguan tidur. Kurang tidur bisa membuat Anda terus menguap saat bangun. Coba konsultasikan kondisi Anda ke dokter dan jika memungkinkan, jalani tes sleep apnea atau insomnia untuk memastikan hal ini.

(Foto: columbian.com)

YesDok Ads