Terlalu Lama Menatap Smartphone Bisa Jadi Penyebab Mata Kering

August 12, 2020 | Helmi

smartphone

Tidak ada penyebab yang sama untuk setiap orang yang memiliki mata kering. Penuaan adalah salah satu penyebab utamanya, bersamaan dengan penurunan produksi air mata Anda.

Selain itu, menatap layar secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mata Anda. Seperti menatap monitor komputer, layar smartphone atau TV.

Sebuah laporan dari American Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa lebih dari 16 juta orang di Amerika Serikat mengidap kondisi tersebut.

Ini lebih umum pada wanita dibandingkan pria, sementara kemungkinan mengembangkan mata kering meningkat lebih banyak seiring bertambahnya usia.

Dr. Preeya K. Gupta, seorang spesialis kornea dan dokter mata di Duke Health, mengatakan mata kering terkadang merupakan kondisi yang tidak terdeteksi, karena tidak setiap dokter secara otomatis mencarinya.

“Dalam praktik klinis saya sendiri, ini adalah sesuatu yang saya lihat pada pasien sebelumnya dan sebelumnya. Pasien terkadang melihat mata kering seperti biasanya sesuatu yang terjadi ketika Anda bertambah tua atau memiliki faktor risiko tertentu, tetapi saya melihat, akhir-akhir ini, dengan gaya hidup digital kita, ada sesuatu yang berubah, "kata Gupta.

Dia memperhatikan bahwa lebih banyak orang datang dengan gejala yang tak biasa, selain kemerahan, iritasi, dan rasa gatal. Misalnya, orang mengatakan bahwa penglihatan mereka kabur, berfluktuasi masuk dan keluar.

Gupta menambahkan bahwa Anda harus menghubungi dokter mata atau dokter perawatan Anda terlebih dahulu sebelum mendiagnosis diri sendiri. Dia mengatakan masalah dengan kesehatan mata secara umum sayangnya masalah di mana orang dengan mudah beralih ke pencarian Google terlebih dahulu sebelum mencari panduan medis.

“Sebagai seorang klinisi, saya sering berharap pasien datang lebih cepat. Pasalnya, proses penyakit ini merespons pengobatan dengan lebih baik saat pasien berada pada tahap awal penyakitnya, ”jelas Gupta.

“Ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup tetapi juga perkembangan penyakit - Saya senang melihat pasien lebih awal dalam proses penyakit mereka.”

Dr. Gupta mengatakan bahwa akhir-akhir ini merawat banyak orang yang mata keringnya menjadi lebih buruk dengan menonton atau membaca layar, menatap tajam untuk jangka waktu yang lama tanpa berkedip.

Ia mengatakan tidak ada data untuk secara meyakinkan menunjukkan apakah ini diperburuk oleh penguncian COVID-19 saat ini, tetapi dia menambahkan bahwa seiring waktu, karena orang menghabiskan sebagian besar hari mereka menatap ponsel cerdas dan melihat komputer mereka di tempat kerja, mata kering telah menjadi bagian rutin kehidupan sehari-hari modern.

Dia mengatakan bahwa jika Anda mendapati diri Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dengan layar Anda, solusinya sederhana: "Beristirahatlah."

(Foto: freepik/tirachardz)

YesDok Ads