Terlalu Banyak Vitamin Sebabkan Masalah Pada Pinggul

October 17, 2019 | Helmi

Mengonsumsi suplemen atau vitamin dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menghindari penyakit. Namun, seseorang harus mengonsumsi dalam jumlah sedang karena memiliki terlalu banyak vitamin tertentu dalam tubuh justru bisa berbahaya.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, menunjukkan hubungan antara efek vitamin B-6 dan B-12 dan risiko patah tulang pinggul. Para peneliti menganalisis data dari 75.864 wanita pascamenopause.

Tim menghabiskan 20 tahun untuk mengamati kesehatan, diet, dan asupan suplemen para peserta. Mereka juga mempertimbangkan kegiatan rekreasi wanita, obat-obatan, kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh (BMI).

Para wanita yang muncul dengan pinggul yang rusak melaporkan asupan tinggi vitamin B. Mereka yang mengonsumsi vitamin B-6 dan B-12 memiliki risiko patah tulang hampir 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita dengan asupan suplemen yang rendah.

YesDok Ads

Peningkatan ini lebih tinggi ketika wanita mengambil vitamin yang "jauh melebihi jumlah yang direkomendasikan," kata para peneliti. Namun, mereka mencatat bahwa mereka tidak menentukan bagaimana vitamin B-6 dan B-12 secara langsung menyebabkan patah tulang.

Tim percaya efek samping dari menelan kadar B-6 yang tinggi berkontribusi pada masalah pinggul. Para ahli kesehatan mengatakan vitamin dosis tinggi dapat menyebabkan gejala neurologis, seperti ataksia dan penurunan tonus otot.

Orang-orang yang mengalami gejala-gejala ini kemudian cenderung terluka karena jatuh, yang dapat merusak pinggul mereka. Para peneliti juga menyarankan bahwa terlalu banyak vitamin B-6 dalam tubuh dapat "mempercepat keropos tulang dengan menangkal pengaruh modulasi estrogen pada reseptor steroid."

Penelitian saat ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk fokus pada interaksi antara vitamin B-6, vitamin B-12 dan patah tulang pinggul. Para peneliti mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami hubungan antara asupan vitamin tinggi dan risiko cedera.

YesDok Ads