Terlalu Banyak Olahraga Bikin Sulit Tidur di Malam Hari

January 13, 2022 | Helmi

olahraga

Olahraga yang dilakukan rutin dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut para ahli, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Namun perlu diperhatikan, jika Anda malah kesulitan tidur di malam hari karena berolahraga, itu berarti Anda mungkin terlalu banyak berolahraga.

"Insomnia adalah tanda bahwa sistem saraf simpatik Anda tidak berfungsi dengan sehat dan secara langsung terkait dengan terlalu banyak berolahraga," Chelsea Axe, dokter chiropraktik bersertifikat.

Dia melanjutkan, "Sistem saraf simpatik yang terlalu aktif dan kesulitan tidur lebih terkait erat dengan aktivitas anaerobik, seperti lari cepat, dan terutama latihan ketahanan berat, seperti angkat beban."

YesDok Ads

Dia menjelaskan bahwa, karena sistem saraf simpatik berhubungan erat dengan respons melawan-atau-lari otak, jenis latihan ini dapat dengan mudah menyebabkan insomnia atau kegelisahan.

“Berolahraga di pagi hari atau mengurangi frekuensi dan intensitas latihan dapat membantu meringankan masalah tidur yang terkait dengan latihan Anda,” menurut Axe.

Dia menambahkan, "Olahraga dengan tanda-tanda sistem saraf simpatik yang terlalu aktif dapat mengambil manfaat dari olahraga teratur seperti meditasi atau, yoga.”

YesDok Ads