0 Point
vitamin

Terlalu Banyak Konsumsi Suplemen Vitamin Bisa Berbahaya untuk Tubuh

Suplemen vitamin dapat berguna untuk mengisi kekurangan nutrisi dalam makanan kita sehari-hari. Tetapi ada potensi masalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin yang tidak dibutuhkan tubuh Anda.

Ahli gizi terdaftar, Rhiannon Lambert menjelaskan dalam bukunya "The Science of Nutrition", jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin dan tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi itu, dalam beberapa kasus, penumpukan racun dapat terjadi.

“Kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah seperti mual, diare, kram perut, rambut rontok, gangguan pencernaan, kelelahan, dan kerusakan saraf ringan,” kata Lambert.

Vitamin yang larut dalam air diekskresikan, tetapi yang larut dalam lemak menumpuk Beberapa vitamin larut dalam air, seperti vitamin C dan vitamin B, yang berarti mereka dikeluarkan melalui urin jika tidak diperlukan, itulah sebabnya Anda mungkin melihat urin berwarna kuning cerah setelah mengonsumsi tablet vitamin tertentu.

Lainnya larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K, yang tidak dapat dibuang oleh tubuh.

"Mereka tidak meninggalkan tubuh dan toksisitas dapat menumpuk dari waktu ke waktu," kata Lambert, yang dapat menyebabkan overdosis. Dalam kasus ekstrim, pasien harus dilarikan ke ruang gawat darurat.

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin yang larut dalam air kurang berbahaya daripada yang berlebihan yang larut dalam lemak, tetapi overdosis vitamin C, misalnya, meskipun jarang, masih dapat menyebabkan mual, diare, dan kram perut, menurut Lambert.

Vitamin C memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, tetapi kebanyakan orang tidak membutuhkan suplemen jika mereka makan buah dan sayuran dalam jumlah yang layak.

Lambert dan ahli lainnya merekomendasikan pendekatan "makanan pertama" untuk nutrisi, karena lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menyerap vitamin dari makanan, daripada dalam bentuk suplemen.

“Beberapa kapsul tidak cukup cepat hancur bagi tubuh untuk menggunakan nutrisi, terutama jika lapisannya mengkilap atau berlilin,” katanya.

Tidak ada gunanya mengonsumsi suplemen yang tidak dibutuhkan tubuh Anda, kecuali Anda kekurangan nutrisi tertentu.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok