Diet
+1

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas dan Panas, Ini Bahayanya

June 02, 2020 | Claudia

Makanan pedas

Banyak orang suka mengonsumsi makanan dengan rasa yang pedas. Rasa pedas dikatakan dapat memicu nafsu makan dan membuat makanan terasa lebih sedap. Apalagi makanan yang panas dengan rasa yang pedas, ini akan lebih menggugah selera makan banyak orang.

Sayangnya, terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas dan panas sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Ada banyak hal berbahaya yang bisa terjadi jika Anda terus melakukan kebiasaan ini, apa saja?

YesDok Ads

  • Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan panas dapat membakar lidah Anda. Sensasi terbakar ini akan terjadi di setiap sudut lidah Anda. Tak hanya itu, sensasi terbakar juga akan berdampak pada bibir, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, dan gusi, yang dikenal dengan sindrom mulut terbakar. Pasien yang kerap merasakan sensasi terbakar di lidah mungkin mengalami penurunan dan perubahan rasa saat makan.
  • Konsumsi makanan yang terlalu panas dan pedas juga dapat memicu terjadinya penyakit refluks asam. Kondisi ini terjadi ketika makanan yang dimakan terdorong kembali ke kerongkongan dari perut selama proses pencernaan. Hal ini tak jarang membuat seseorang merasakan mual dan muntah, bahkan sensasi terbakar di area dada.
  • Konsumsi makanan pedas juga disebut dapat meningkatkan sekresi asam di perut, yang dalam jangka waktu tertentu bisa merusak lapisan dalam perut.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang panas juga dapat mengiritasi usus kecil dan bahkan mengganggu pergerakan usus. Terlalu banyak mengonsumsi makanan panas dan pedas juga dapat menyebabkan tukak lambung atau yang lebih parah lagi, menyebabkan kanker lambung.
  • Anda merasakan masalah bau badan susah dihindari dari diri Anda? Ini bisa juga terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan panas. Mengonsumsi makanan ini menyebabkan produksi keringat berlebih, yang kemudian menyebabkan bau mulut dan perubahan warna pada gigi. Penelitian mengatakan, bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan yang panas dan pedas juga akan membuat gigi-gigi Anda menjadi lebih lemah.

(Foto: seonkyounglongest.com)

YesDok Ads