Terlalu Banyak Bekerja Meningkatkan Risiko Terkena Stroke

May 20, 2021 | Helmi

kerja berat

Bekerja dalam waktu yang terlalu lama dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit stroke. Dalam sebuah studi dari Prancis, jam kerja yang panjang didefinisikan sebagai kerja lebih dari 10 jam setidaknya dalam 50 hari per tahun.

Orang yang melakukan pekerjaan lebih lama hingga berjam-jam selama lebih dari satu dekade berada pada risiko terbesar terkena stroke, kata para peneliti.

Tetapi Asosiasi Stroke Inggris mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk melawan efek berjam-jam, seperti berolahraga dan makan dengan baik.

Para peneliti, dari Angers University dan Institut Riset Kesehatan dan Medis Nasional Prancis, melihat data tentang usia, merokok, dan jam kerja dari studi populasi lebih dari 143.000 orang dewasa. Secara keseluruhan, 1.224 orang mengalami stroke.

Dalam jurnal Stroke American Heart Association, para peneliti mengatakan orang yang bekerja berjam-jam memiliki risiko 29% lebih besar terkena stroke, dan mereka yang melakukannya selama 10 tahun atau lebih memiliki risiko 45% lebih besar.

Pekerja paruh waktu dan mereka yang menderita stroke sebelum jam kerja yang panjang dikeluarkan dari penelitian ini.

YesDok Ads

Dr Alexis Descatha, yang memimpin penelitian tersebut menambahkan: "Hubungan antara 10 tahun jam kerja yang panjang dan stroke tampak lebih kuat untuk orang di bawah usia 50 tahun. Ini tidak terduga. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi temuan ini.

"Sebagai seorang dokter, saya akan menyarankan pasien saya untuk bekerja lebih efisien dan saya berencana untuk mengikuti saran saya sendiri."

Studi ini melihat pada angka, bukan alasan, tetapi penelitian lain telah menemukan orang yang menjalankan bisnis mereka sendiri, CEO dan manajer tampaknya kurang terpengaruh oleh jam kerja yang panjang - dibandingkan dengan mereka yang bekerja pada shift malam yang tidak teratur, atau yang memiliki stres terkait pekerjaan.

Dr Richard Francis, kepala penelitian di Stroke Association, mengatakan: "Ada banyak hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko stroke, bahkan jika Anda bekerja berjam-jam.

"Makan makanan yang sehat, meluangkan waktu untuk berolahraga, berhenti merokok dan mendapatkan waktu tidur yang disarankan dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda."

YesDok Ads