Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

March 23, 2023 | Claudia

Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur

Tenggorokan kering saat bangun tidur bisa terasa sangat tidak nyaman. Ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Lalu, apa sebenarnya penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur?

Penyebab Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur

Berikut ini merupakan beberapa penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur yang mungkin Anda alami:

Konsumsi obat

Sejumlah obat dan kondisi kesehatan dapat menyebabkan tenggorokan kering atau sakit, yang dapat terjadi bersamaan dengan mulut kering. Contoh kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kondisi ini antara lain diabetes dan sindrom Sjogren. Stres, gangguan kecemasan, dan depresi juga bisa menyebabkan tenggorokan kering saat bangun tidur.

Sebagian besar penelitian telah menemukan bahwa kondisi tenggorokan kering lebih sering terjadi pada wanita, ini bisa jadi akibat perbedaan anatomi kelenjar ludah.

Orang lanjut usia sering mengalami kondisi mulut kering, yang sering terjadi akibat kondisi kesehatan lainnya. Orang yang pernah terpapar radiasi pada area kepala dan leher lebih sering mengalami kondisi tenggorokan dan mulut kering.

Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan kering dan gejala lain seperti sakit kepala atau haus. Bernapas melalui mulut dan berada di lingkungan yang kering juga bisa mengeringkan tenggorokan, meskipun hal ini tidak menyebabkan dehidrasi total. Selain itu, air liur cenderung lebih sedikit di keluarkan pada malam hari, sehingga tenggorokan kering mungkin lebih terlihat di pagi hari.

Dehidrasi ringan biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan sering kali dapat dicegah dengan meminum banyak cairan sepanjang hari. Akan tetapi, jika Anda sering terbangun di malam hari untuk ke kamar mandi, pertimbangkan untuk mengurangi intensitas minum menjelang waktu tidur, terutama alkohol dan kafein.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Gastroesophageal reflux disease merupakan suatu kondisi di mana asam lambung mengalir naik ke kerongkongan. GERD dapat menyebabkan gejala seperti mulas, mengi, dan sakit tenggorokan.

YesDok Ads

Berbaring dapat memperburuk gejala GERD, karena gravitasi membuat asam lebih mudah mengalir ke kerongkongan. Untuk mengurangi gejala GERD, dokter biasanya menyarankan untuk meninggikan kepala saat tidur.

Mendengkur

Mendengkur dan sakit tenggorokan sering kali terjadi secara bersamaan dan memiliki faktor risiko yang sama, seperti kebiasaan merokok dan adanya kondisi sleep apnea obstruktif.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah mendengkur menyebabkan sakit tenggorokan atau sakit tenggorokan menyebabkan mendengkur. Bernapas melalui mulut dapat mengeringkan tenggorokan pada orang yang mendengkur, dan getaran dari dengkuran juga dapat mengiritasi tenggorokan.

Alergi

Hidung tersumbat adalah salah satu gejala utama rinitis alergi. Hidung yang tersumbat menyebabkan penderita alergi lebih sering bernapas melalui mulut.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Thailand menemukan bahwa anak-anak dengan hidung tersumbat akibat alergi lebih mungkin mengalami kegelisahan saat tidur dan tenggorokan kering saat bangun tidur.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: sleepfoundation.org)

YesDok Ads