Tenggorokan Kering, Apa Penyebabnya?

March 06, 2020 | Claudia

Tenggorokan kering

Ada banyak masalah yang dapat terjadi pada tenggorokan kita, salah satu contohnya adalah kondisi tenggorokan yang kering. Kondisi ini merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh banyak orang. Meski bukan menjadi kondisi yang serius, tetap saja tenggorokan kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada orang-orang yang mengalaminya.

Untuk mencegah terjadinya kondisi tenggorokan yang kering, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari masalah ini. Untuk itu, berikut ulasan mengenai beberapa penyebab mengapa tenggorokan Anda terasa kering:

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan alasan umum di balik tenggorokan yang terasa kering. Tubuh yang mengalami dehidrasi, akan memproduksi air liur dalam jumlah yang sedikit. Inilah yang kemudian membuat tenggorokan Anda terasa kering. Biasakan diri untuk meminum air 8 gelas per hari, agar Anda bisa terhindar dari dehidrasi.

Mulut terbuka saat tidur

Ini juga menjadi penyebab paling umum, mengapa tenggorokan Anda terasa kering. Saat sedang tidur, tanpa sadar kita membuka mulut kita lebar-lebar yang tak jarang juga menimbulkan suara dengkuran. Kondisi ini membuat udara dari luar mengeringkan air liur di dalam mulut, yang kemudian membuat tenggorokan Anda terasa kering saat terbangun.

YesDok Ads

Reaksi alergi

Alergi menjadi salah satu alasan kuat di balik kondisi tenggorokan yang kering. Reaksi berlebih dari sistem kekebalan tubuh terhadap paparan zat-zat asing pada tubuh kita, membuat kita mengalami alergi. Untuk itu, kenali apa alergen Anda dan sebisa mungkin menjauhinya, agar Anda tak perlu mengalami reaksi alergi yang mengganggu.

Flu

Saat tengah flu, tenggorokan akan terasa lebih kering. Flu merupakan penyakit pernapasan, sehingga tak heran jika tenggorokan juga akan terdampak saat Anda mengalami penyakit ini. Selain tenggorokan kering, flu juga memiliki beberapa gejala lain yang juga harus diwaspadai.

(Foto: findhomeremedy.com)

YesDok Ads