Telur Menghadirkan Beragam Manfaat Kesehatan bagi Tubuh

September 08, 2019 | Iman

Jangan takut untuk memakan telur, karena makanan ini super sehat dan dapat kita konsumsi dengan berbagai cara menarik. Di seluruh dunia, telur telah menjadi makanan pokok dan dianggap sebagai gudang nutrisi penting, menjadikannya bagian integral dari diet sehat.

Telur merupakan sumber protein yang terkenal yang bermanfaat sebagai blok pembangun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Telur juga merupakan sumber yang sempurna dan pilihan makanan pintar bagi mereka yang sedang mengurangi asupan karbohidratnya sedikit demi sedikit untuk menurunkan berat badan berlebih.

Nutrisi penting lain yang akan Anda temukan adalah banyaknya kandungan berlimpah di putih telur daintaranya riboflavin atau Vitamin B2. Riboflavin adalah vitamin yang larut dalam air yang terlibat dalam proses metabolisme vital dalam tubuh dan diperlukan untuk fungsi sel normal, pertumbuhan, dan produksi energi.

Sementara itu banyak yang meragukan manfaat Kuning telur dan kita hindari karena takut, padahal kuning telur sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Terutama lemak, kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram dan kaya akan vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, lesitin, dan zat besi dimana zat tersebut yang ditemukan di kuning telur mudah dicerna dan berasimilasi di dalam tubuh.

Seperti dilansir laman Times of India, ada beberapa cara dasar untuk menyiapkan telur diantaranya adalah

1.Rebus

Merebus telur adalah salah satu cara tersehat yang dapat Anda konsumsi dan merupakan pilihan sempurna bagi mereka yang sedang memperhatikan berat badannya. Untuk membuat telur rebus yang sempurna, masukkan telur ke dalam air mendidih, dan masak selama tiga sampai 10 menit dengan api sedang.

YesDok Ads

2. Diacak atau Diaduk

Telur orak-arik bisa dihidangkan Bersama daging dan roti bakar, itu merupakan menu favorit saat sarapan. Untuk telur aduk yang sempurna, yang perlu Anda lakukan adalah mengocok telur dalam mangkuk sebelum menuangkannya ke dalam wajan panas. Proses mengocok tersebut akan membuat adonan menjadi lembut sehingga menghasilkan telur yang nikmat disantap.

3. Goreng
Terakhir tapi tidak kalah pentingnya, adalah telur goreng yang sering kita lakukan. Cocok untuk mengisi telur goreng di antara irisan roti, Telur goreng dibuat dengan cara memecahkan telur lalu masukkan dalam wajan panas yang sudah diberi minyak.

(Foto : krishijagran)

YesDok Ads