Telinga Kemasukan Air saat Berenang, Ini Cara Atasinya

September 19, 2019 | Claudia

Berenang merupakan salah satu aktivitas dan olahraga yang menyegarkan. Di tengah cuaca terik, berada di dalam air dan terus bergerak bisa menjadi kegiatan yang sehat lagi menyenangkan. Sayangnya, telinga kita sering kali kemasukan air saat berenang, dan ini jelas akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Air yang terlalu banyak masuk ke dalam telinga selain dapat membuat tidak nyaman, juga bisa meningkatkan risiko peradangan pada saluran telinga. Peradangan ini kemudian bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar, yakni saluran yang berada di antara telinga bagian luar dan gendang telinga.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kondisi ini saat telinga Anda kemasukan air? Berikut tips yang bisa Anda ikuti:

Miringkan kepala ke samping

Segera miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang kemasukan air. Jika perlu, Anda juga bisa sambil melompat kecil dengan satu kaki ketika memiringkan kepala Anda. ini sangat bermanfaat untuk mendorong air keluar dari telinga Anda.Jika telinga Anda kemasukan air, segera miringkan kepala ke samping. Tarik juga daun telinga agar kanal terbuka lebih luas dan memudahkan air untuk keluar.

Lap telinga dengan kain

Segera lap bagian luar telinga Anda dengan kain yang halus, ketika telinga kemasukan air. Hal ini guna menyerap sebagian air yang berada di telinga. Lap telinga sambil memiringkan kepala Anda ke sisi telinga yang kemasukan air. Pastikan Anda tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga karena ini malah akan semakin mendorong air masuk ke dalam telinga.

YesDok Ads

Kunyah sesuatu

Air yang masuk ke dalam telinga biasanya terjebak di bagian saluran eustachius. Ini merupakan salah satu bagian telinga yang dalam. Sementara, gerakan mengunyah bisa membantu membebaskan air yang terjebak di dalam telinga. Anda juga bisa sambil memiringkan kepala ketika mengunyah, agar membuat air semakin mudah untuk keluar.

Menguap

Salah satu cara mudah untuk mengeluarkan air dari saluran eustachius ialah dengan menguap. Gerakan menguap bisa membantu melegakan ketegangan di bagian telinga, sehingga mendorong air untuk keluar.

Berbaring miring

Pengaruh gaya gravitasi dapat membuat air mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Maka dari itu, cobalah untuk berbaring miring selama beberapa menit, sehingga cairan dapat keluar dengan mudah. Saat air keluar, daun telinga biasanya akan terasa lebih hangat.

(Foto: cochrane.org)

YesDok Ads