Tekstur dan Warna Kuku jadi Tanda Masalah Kesehatan

July 11, 2021 | Iman

Warna kuku

Kuku bukan sekadar soal kecantikan. Menyadari kesehatan kuku Anda dapat memberi Anda peringatan tentang kondisi kesehatan yang mendasarinya. 

Dalam beberapa kasus, itu juga bisa memberi pertanda kesehatan. Berikut pertanda kesehatan yang dikaitkan lewat warna kuku.

Kuku rapuh 

Kerapuhan pada kuku menyebabkan kuku menjadi lemah dan pecah-pecah. Salah satu penyebab paling umum adalah penuaan dan kekurangan nutrisi. Bagaimana kuku terbelah juga bisa menjadi penentu penyakit yang mendasarinya. 

Kuku pucat 

Kuku pucat adalah tanda umum penuaan. Lebih dari 3 dari 4 empat orang dewasa di atas usia 60 memiliki kuku pucat. Namun, dalam beberapa kasus, kuku pucat juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan seperti malnutrisi hingga anemia.

Kuku putih 

YesDok Ads

Kuku kita bisa memutih ketika ada luka pada kuku. Namun, jika semua kuku Anda perlahan memutih, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter mengenai hal tersebut. Kuku putih dengan bintik merah muda di bagian atas dasar kuku mungkin mengindikasikan penyakit seperti sirosis hati, gagal ginjal kronis, dan gagal jantung kongestif. 

Kuku kuning 

Kuku kuning paling sering disebabkan karena infeksi jamur. Dalam kasus lain mungkin menunjukkan masalah tiroid, atau diabetes. 

Lubang di kuku 

Pembentukan lubang kecil, atau 'lubang' adalah tanda klasik psoriasis di kuku. Kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita dermatitis di ujung jari dan disebabkan karena dermatitis atopik atau dermatitis kontak alergi. 

Garis gelap di bawah kuku 

Meski hanya perubahan pigmen biasa tetapi tidak boleh diabaikan jika berlangsung lama. Para ahli mengaitkan hal ini dengan gejala kanker kulit.

YesDok Ads