Diet
+1

Teh Hijau, Si Nikmat Banyak Manfaat

January 29, 2022 | Claudia

Teh Hijau

Siapa suka minum teh? Teh menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Tak hanya teh hitam, teh hijau juga banyak digemari. Selain itu, teh hijau juga dikenal dengan manfaat kesehatannya yang luas.

Sejumlah besar flavonoid, yakni sejenis senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Flavonoid dianggap sebagai antioksidan, yang kemudian menjadi faktor penting mengapa ekstrak teh hijau dapat memberikan manfaat kesehatan.

Katekin adalah bentuk flavonoid yang ditemukan dalam teh hijau. Senyawa ini dianggap lebih kuat dari vitamin E dan C, katekin juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan sel dari kerusakan oksidatif.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi teh hijau:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Telah terbukti bahwa orang yang menderita alergi bisa mendapat banyak manfaat dengan mengonsumsi teh hijau. Ini karena konsumsi rutin teh hijau dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Di masa pandemi seperti ini, meningkatkan kekebalan tubuh merupakan hal yang penting, agar kita tak mudah terserang penyakit. Minum teh hijau bisa membantu.

Membakar lemak

YesDok Ads

Sejumlah laporan menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki kualitas dalam meningkatkan laju proses metabolisme dan membantu membakar lemak secara alami. Katekin yang terkandung dalam teh hijau membantu membakar lemak perut secara efektif.

Meningkatkan memori

Menurut penelitian, teh hijau membantu seseorang meningkatkan daya ingat dan juga membantu untuk tetap waspada.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat kesehatan dari ekstrak teh hijau adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin minum teh hijau terlihat mengalami penurunan risiko terkena tekanan darah tinggi sebesar 46% - 65% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah minum teh hijau. Telah ditemukan bahwa antioksidan kimia dalam teh hijau menjadi alasan utama di balik penurunan penyakit terkait jantung.

(Foto: foodlocate.com)

YesDok Ads