0 Point
Zat karsinogenik

Tanpa Sadar, Tubuh Kita Terpapar Zat Karsinogenik dari Hal-Hal Ini

Zat karsinogenik adalah zat yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh seseorang. Zat karsinogenik bisa bersumber dari banyak hal, yang bahkan tanpa kita sadari, kita terpapar oleh zat ini setiap harinya.

International Agency for Research on Cancer atau IARC mengklasifikasikan zat karsinogen ke dalam beberapa kelompok, yakni:

  • Kelompok 1: Karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok 2A: Kemungkinan besar karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok 2B: Dicurigai berpotensi karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok 3: Tidak termasuk karsinogenik pada manusia

Ada beberapa zat karsinogen yang mungkin kita temui dalam keseharian kita, yakni:

Makanan dan minuman tertentu

Zat karsinogenik bisa masuk ke dalam tubuh melalui beberapa jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kandungan makanan yang dicurigai bersifat karsinogenik antara lain:

  • Bahan tambahan pada makanan atau minuman, misalnya sakarin dan aspartam
  • Bahan makanan yang tercemar atau terkontaminasi pestisida, limbah industri, atau logam berat
  • Bahan pengawet atau pewarna makanan, seperti boraks, formalin, dan nitrat

Selain bahan yang ditambahkan ke dalam makanan, cara pengolahan makanan pun bisa menyebabkan terbentuknya zat karsinogenik. Ini dapat terjadi ketika seseorang membakar atau menggoreng makanan hingga gosong atau kehitaman. Proses ini bisa membentuk zat kimia acrylamide pada makanan yang merupakan salah satu zat karsinogenik.

Rokok dan asap rokok

Apakah Anda masih mempertahankan kebiasaan merokok? Maka siap-siap saja dengan dampaknya. Rokok tembakau dan asapnya mengandung sekitar 70 zat yang diduga bisa memicu kanker. Nikotin, ammonia, karbon monoksida, arsenik, timah, benzena, hingga hidrogen sianida, diduga merupakan beberapa zat yang bersifat karsinogenik. Ini membuat perokok aktif bahkan perokok pasif berisiko tinggi mengalami kanker.

Kosmetik

Bagi wanita, merias wajahnya hingga cantik adalah kebutuhan dan kesenangan tersendiri. Sayang, ada beberapa kosmetik yang diduga memiliki  bahan yang bersifat karsinogenik. Jika kulit terus terpapar zat karsinogen ini, dikhawatirkan akan memicu terjadinya kanker di kemudian hari.

Beberapa kandungan berbahaya yang perlu diwaspadai di dalam kosmetik adalah merkuri, formaldehida, phthalate, dan paraben.

(Foto: verywellhealth.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok