Tanpa Obat, Ini Cara Mudah Atasi Insomnia

October 13, 2019 | Aqiyu

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan seluruh tubuh dari kelelahan akibat aktivitas sepanjang hari. Dengan kualitas tidur yang cukup dan baik akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan penuh energi kembali.

Namun sayangnya, tidak semua orang dengan mudahnya untuk memejamkan mata dan tidur nyenyak saat malam hari. Kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur atau tidak cukup tidur meskipun memiliki banyak waktu disebut dengan insomnia.

Gangguan tidur seperti insomnia ini tentu sangat mengganggu dan berpengaruh pada kesehatan. Insomnia bisa diatasi tanpa obat-obatan. Berikut cara alami untuk mengatasi insomnia:

Madu. Hormon stres dapat membuat seseorang sulit tidur. Hormon stres ini muncul karena kadar glikogen dalam tubuh menurun. Anda bisa mengatasinya dengan madu, karena madu memiliki kandungan antioksidan yang mampu menghilangkan stres oksidatif dalam tubuh.

Susu. Tidak ada salahnya minum susu sebelum tidur. Karena susu mengandung triptofan yang dapat memberikan efek tenang dan membuat tidur menjadi nyenyak. Usahakan agar Anda rutin meminum susu 10-15 menit sebelun tidur.

YesDok Ads

Minyak ikan. Jika di malam hari Anda dapat mengatasi insomnia dengan madu dan susu, pada siang hari Anda bisa mengonsumsi minyak ikan agar tidur malam hari lebih lelap. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 dan DHA yang dapat membantu melepaskan melatonin di otak.

Buah kiwi. Siapa sangka jika buah berwarna hijau ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi insomnia. Sama seperti madu, buah kiwi mengandung antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif penyebab insomnia. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi satu buah kiwi sebelum tidur.

Pisang. Buah pisang bisa menghasilkan kadar hormon optimal seperti melatonin dan serotin yang bisa membuat otak Anda lebih tenang dan membantu Anda mengantuk di malam hari. Konsumsilah satu buah pisang sebelum tidur. 

(Foto: carilionclinicliving)

YesDok Ads