Diet
+1

Tanpa Disadari, Makanan Ini Memiliki Kandungan Gula yang Tinggi

July 04, 2022 | Kaifia

Gula

Gula bisa datang dalam berbagai bentuk dan umumnya sering ditemukan dalam berbagai macam makanan terutama makanan manis. 

Mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan gula tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit serius seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolik bahkan kanker. 

Meskipun kita sering menemukan makanan tinggi gula pada makanan atau minuman manis layaknya seperti donat, kue, atau permen, banyak produk yang dipasarkan sebagai “rendah lemak” bisa mengandung asupan gula yang tinggi.

Healthline melansir bahwa American Heart Association (AHA) menyarankan agar wanita membatasi asupan gula tambahan hingga 6 sendok teh (25 gram) per hari, sementara pria perlu membatasi asupan hingga 9 sendok teh (37,5 gram).

Berikut adalah beberapa jenis makanan dilansir oleh Healthline yang memiliki asupan gula lebih tinggi dari yang kita kira 

Saus

Saus merupakan olahan makanan yang terkenal meningkatkan cita rasa dalam makanan. Salah satu bumbu populer ini kerap kali dihubungkan dengan kandungan gula.

Penting untuk memperhatikan ukuran porsi saat menggunakan saus tomat. Satu sendok makan saus tomat bisa mengandung hampir 1 sendok teh gula. 

YesDok Ads

Granola bar 

Granola cenderung dipasarkan sebagai pengganti sereal sarapan yang sehat namun perlu Anda ketahui bahwa mereka memiliki lebih banyak kalori dan asupan gula serta karbohidrat setinggi yang mungkin tak pernah kita kira. 

Sereal

Sereal sarapan termasuk dalam jenis makanan yang super efisien dan mudah pembuatannya. 

Namun, makanan ini dapat memengaruhi konsumsi gula Anda terutama jika Anda mengonsumsinya setiap hari. 

Buah kaleng

Pada dasarnya, segala jenis buah memiliki kandungan gula alami. Namun, beberapa buah kalengan dan diawetkan dalam sirup manis. 

Proses ini dapat menyebabkan kandungan serat pada buahnya hilang dan bisa menambahkan asupan gula yang berlebihan.

YesDok Ads