Tangkal Corona, Seberapa Kuat Peran Pengobatan Alternatif?

March 19, 2020 | Iman

Pengobatan alternatif

Wabah COVID-19 telah disebut sebagai pandemi yang telah menyebar dengan cepat ke lebih dari 114 negara awal tahun ini. Dengan meningkatnya kasus atas kasus mengerikan ini membuat kecemasan ekstra di masyarakat.

Banyak saran pencegahan yang distandarisasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memerangi virus ini. Namun ketidakpuasan di kalangan masyarakat membuat mereka mencari pengobatan alternatif untuk pencegahan virus ini seperti jamu hingga pengobatan cina. Lantas apakah mampu memerangi corona?

Sementara gejala coronavirus mereplikasi pilek atau flu, banyak orang terburu-buru untuk menemukan pengobatan yang bermanfaat melalui obat-obatan tradisional dan terapi alternatif.

COVID-19 adalah jenis baru yang muncul. Mengingat seberapa cepat virus telah menyebar, para ilmuwan masih mencoba untuk memetakan penyebaran dan tidak ada satu pun dukungan atau penelitian ilmiah yang mendukung penggunaan obat tradisional atau alternatif dalam pengobatan corona.

Fakta WHO menyebutkan bahwa pengobatan rumahan dan terapi alternatif hanya mampu memerangi gejala minor yang terkait dengan penyakit menular. Belum ada bukti bahwa mereka dapat membantu mencegah dan membunuh corona sepenuhnya.

YesDok Ads

Dokter dan profesional medis juga mendukung praktik pengobatan alternatif untuk mencegah corona. Sayangnya mereka juga mnegatakan jika  pengobatan tradisional belum teruji melawan virus corona baru.

Apa Perlindungan Terbaik dari Corona?

Dalam meningkatkan kekebalan Anda, adopsilah praktik kebersihan diri dan karantina yang baik bila diperlukan. Cukupi gizi dengan makanan terbaik, tidur cukup, dan rutin cuci tangan usai menyentuh area publik untuk membantu sistem kekebalan tubuh menahan serangan virus.

Dalam kasus pandemi skala besar seperti wabah coronavirus, sangat penting bagi Anda untuk tidak panik dan utamakan melakukan tindakan pencegahan terbaik. Jaga jarak aman dengan lingkungan sekitar, terutama dengan orang yang batuk dan bersin. Terapkan praktik social distancing sebagai solusi tepat dalam memerangi virus ini. 

(Foto: irishtime)

YesDok Ads