Tanda-tanda Awal Seseorang Mengalami Depresi

August 28, 2019 | Helmi

Masalah kesehatan mental bisa jadi sangat sulit untuk ditangani. Melihat tanda-tanda awal adanya masalah pada kesehatan mental bisa sangat membantu untuk memulihkannya sebelum terlambat.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda jika seseorang mengalami masalah kesehatan mental. Secara kasat mata mungkin tidak akan terlihat jelas. Anda harus mencermati jika terlihat tanda-tanda seperti ini, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan mental Anda:

Tidur Sepanjang Waktu

Mungkin pertanda paling terlihat adalah tidur sepanjang waktu. Kelelahan menjadi salah satu gejala inti depresi, dan menjadi lelah tanpa alasan karena ketidakseimbangan dopamin dan serotonin adalah tanda bahwa Anda harus lebih menjaga kesehatan mental Anda.

Lebih Banyak Tinggal di Rumah

Memisahkan dan menarik diri dari keluarga dan teman juga merupakan satu tanda. Seringkali Anda merasa bahwa mereka tidak dapat memahami Anda, atau Anda berpikir bahwa menunjukkan diri Anda yang sebenarnya hanya akan membuat mereka tidak nyaman. Namun perlu digaris bawahi, berhubungan kembali dengan mereka bisa sangat membantu Anda.

YesDok Ads

Nafsu Makan yang Menurun

Ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, meskipun faktor utama yang harus dicari adalah perubahan nafsu makan yang tiba-tiba. Tiba-tiba, Anda mungkin makan berlebihan atau tidak makan sama sekali, yang bisa berarti hal yang berbeda.

Tidak Menikmati Hal-hal yang Anda Sukai

Masalah kesehatan mental mungkin menghentikan Anda dari menikmati hal-hal yang Anda sukai. Anda tidak lagi tertarik dan bersemangat akan hal yang sebenarnya sangat Anda gemari. Ini bisa menjadi tanda lain yang perlu Anda perhatikan.

Pada dasarnya, mengalami perubahan mendadak dalam perilaku Anda bisa menjadi tanda besar pada masalah kesehatan mental.

(Foto: GQ)

YesDok Ads