Tanda Umum Ginjal Bermasalah

December 27, 2021 | Iman

Ginjal

Ginjal kita bertanggung jawab untuk menyaring limbah dari tubuh. Ketika ginjal rusak karena cedera fisik atau kondisi seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, mereka tidak dapat menyaring racun dari tubuh, yang menyebabkan penumpukan racun.

Tanda-tanda kerusakan ginjal sangat halus sehingga sering tidak disadari pada tahun-tahun awal. Untuk alasan yang sama, itu juga disebut 'Pembunuh Senyap'. Berikut adalah beberapa tanda umum dari ginjal bermasalah.

Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Ginjal membantu menyaring limbah dan kelebihan natrium dari tubuh. Ketika ginjal tidak dapat berfungsi secara efisien, tubuh mulai menahan natrium. Hal ini akhirnya menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tulang kering, kondisi ini disebut sebagai edema. Seseorang mungkin juga melihat pembengkakan di bagian lain dari tubuh seperti mata dan wajah, tetapi terutama mempengaruhi tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki dan kaki.

Kelemahan dan kelelahan

Merasa lelah atau lemah sepanjang waktu umumnya merupakan tanda awal dari masalah hati. Saat gangguan ginjal menjadi parah, orang tersebut mulai merasa semakin lelah.

Nafsu makan berkurang

YesDok Ads

Akumulasi racun dan limbah dalam tubuh juga dapat menurunkan nafsu makan, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. Alasan lain untuk nafsu makan rendah adalah mual dan muntah di pagi hari. Perasaan tidak menyenangkan ini mungkin membuat mungkin merasa kenyang sepanjang waktu dan tidak ingin makan apa pun.

Perubahan frekuensi urin

Orang sehat normal buang air kecil 6-10 kali sehari. Menggunakan toilet lebih dari itu bisa menjadi indikasi kerusakan ginjal. Dalam kasus masalah ginjal, seseorang mungkin buang air kecil terlalu sedikit atau terlalu sering. Kedua kondisi tersebut selanjutnya dapat merusak ginjal. Kondisi itu terjadi karena sel darah mulai bocor ke urin karena ginjal yang rusak.

Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal disertai gejala kerusakan ginjal lainnya bisa menjadi tanda gangguan ginjal stadium lanjut. Masalah ini mungkin terjadi ketika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dari tubuh dan mereka mulai menumpuk dalam darah, menyebabkan kulit gatal, kering dan berbau busuk. Masalah ginjal juga dapat menyebabkan penyakit tulang.

Pada akhirnya, orang-orang harus terus memantau kondisi mereka dan melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan untuk mengetahui bagaimana organ lain bekerja. Pemeriksaan kesehatan membantu mendeteksi masalah pada tahap awal dan memulai perawatan lebih awal.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads