0 Point
Tanda tumbuh gigi pada bayi

Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Ketika bayi tumbuh gigi, orang tua kerap mengalami kerepotan karena munculnya masalah baru yang berkaitan dengan gejala yang terjadi. Bayi yang tumbuh gigi akan menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. 

Periode ini memang bisa membuat frustrasi, tapi orang tua dapat mengatasinya dengan mengetahui lebih lanjut seputar tanda bayi tumbuh gigi dan bagaimana menenangkan buah hati.

Wajar jika bayi menjadi rewel ketika mulai tumbuh gigi. Ini adalah bagian dari sindrom bayi tumbuh gigi yang biasanya bermula ketika bayi berusia 6 bulan. Pertumbuhan gigi bayi hingga lengkap berjumlah 20 diiringi dengan sindrom yang kerap membuat bayi tidak nyaman sehingga lebih membutuhkan perhatian.

Sindrom bayi tumbuh gigi yang bermula ketika bayi berusia 6 bulan beririsan dengan waktu ketika imunitas yang didapatkan bayi dari ibunya lewat plasenta mula hilang. Artinya, bayi mulai mengembangkan sistem imun sendiri. 

Karena itu, sindrom ini kerap salah dikira sebagai gejala demam. Begitu pula sebaliknya, gejala demam keliru disangka sebagai tanda bayi tumbuh gigi.

Tanda bayi tumbuh gigi antara lain:

1. Mudah rewel

Penyebabnya adalah bayi tidak nyaman karena erupsi gigi. Banyak-banyaklah memeluk bayi agar timbul rasa nyaman. Berikan juga makanan yang lembut dan dingin untuk meredakan rasa sakit di gusi, misalnya yoghurt. Bila perlu, kompres pipi dengan kain dingin.

2. Keluar banyak air liur

Bayi tumbuh gigi akan lebih banyak mengeluarkan air liur. Air liur yang berlebih bisa menyebabkan ruam di sekitar mulut hingga leher karena bakteri. Rajin-rajinlah membersihkan liur bayi untuk mencegahnya.

3. Batuk-batuk

Selain memicu ruam, air liur berlebih membuat bayi kadang batuk atau muntah (gumoh). Segera seka muntahan bila ada dan ganti baju bayi, jika batuk berlangsung terus dan disertai demam tinggi, Anda sebaiknya menemui dokter.

4. Menggigit-gigit

Bayi tumbuh gigi akan kerap menggigit-gigit apa pun karena itu bisa mengurangi tekanan dari bawah gusi. Orang tua bisa memberikan es yang terbuat dari campuran buah dan sayur yang dibekukan. Bisa pula memberinya teether atau mainan khusus untuk digigit-gigit.

5. Demam

Demam yang menjadi tanda bayi tumbuh gigi adalah yang masih di bawah 37 derajat Celsius. Jika lebih dari itu, apalagi disertai gejala flu, sebaiknya orang tua langsung menghubungi dokter untuk berkonsultasi.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok