0 Point
Masalah pada kulit

Tanda Penyakit Jantung yang Terlihat pada pada Kulit

Penyakit jantung bukanlah kelainan yang terjadi secara tiba-tiba. Penyakit ini berkembang dengan sendirinya selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Oleh karena itu dikatakan bahwa penyakit jantung sering disebut silent killer.

Namun, ada tanda dan gejala tertentu yang meski tampak biasa namun sebenarnya memiliki kaitan dengan kesehatan jantung dan itu hadir lewat kulit.

Ada beberapa indikator yang jika diperhatikan dan dirawat sejak dini dapat menyelamatkan kesehatan jantung Anda. Berikut ini beberapa tandanya.

1. Pola pada kulit

Jika Anda melihat pola warna kebiruan atau ungu, seperti jaring yang berantakan pada kulit mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Jangan mengabaikannya dengan asumsi itu adalah infeksi atau ruam, tetapi segera ambil tindakan. Pola seperti jaring ini muncul karena komplikasi kesehatan yang disebut sindrom embolisasi kolesterol, yang terjadi ketika arteri tersumbat.

2. Pertumbuhan kuning pada kulit

Banyak orang memiliki endapan kekuningan atau oranye seperti plak di bawah kulit. Hal ini sebagian besar terlihat di sudut mata, dan di belakang kaki bagian bawah.

Pada beberapa kasus tidak menimbulkan rasa sakit, itulah sebabnya tanda-tanda ini sangat mudah terlewatkan. Namun, kondisi ini sangat mengharuskan Anda untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda dan mengendalikannya.

3. Benjolan lilin

Penumpukan lemak yang terlihat seperti lilin dari luar merupakan indikator serius bahwa kadar kolesterol Anda berada di sisi yang lebih tinggi. Pada tahap awal, mungkin terlihat seperti ruam. Pakar kesehatan mengatakan jenis formasi di bawah kulit ini terutama disebabkan oleh kadar trigliserida yang sangat tinggi.

4. Kuku cekung atau bulat

Secara medis jenis perubahan bentuk kuku ini terkait dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Jenis kelainan pada kuku ini juga terlihat pada penyakit paru-paru dan komplikasi jantung.

5. Garis kemerahan di dasar kuku

Pembentukan garis-garis kemerahan dan ungu di dasar kuku merupakan indikasi yang jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Kuku adalah indikator beberapa penyakit tubuh termasuk penyakit jantung.

Jika terlambat Anda telah melihat kelainan tertentu pada kuku, jangan menganggap enteng dan segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Sakit pada benjolan

Benjolan yang menyakitkan di jari tangan, jari kaki yang berlangsung selama beberapa hari tanpa alasan apapun mungkin memberi petunjuk bahwa kadar kolesterol Anda telah melewati batasnya. Sementara banyak benjolan hilang dengan sendirinya, kambuhnya benjolan tidak boleh dianggap enteng.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok