0 Point
media sosial

Tanda Krusial Harus Puasa Media Sosial

Bulan Ramadan merupakan momentum untuk menjadikan hidup lebih tenang dan membuat diri lebih baik lagi. Salah satu upaya yang mungkin dilakukan adalah berpuasa media sosial. Bila selama ini media sosial seringkali menjadi sumber masalah kehidupan, menghadirkan iri dan kebencian, itu adalah tanda krusial harus puasa media sosial.

Tanda lainnya Anda harus berhenti sejenak atau istirahat bermain media sosial sebagai berikut:

  1. Anda kecanduan bermain media sosial. Dimana Anda tidak bisa berhenti dan terus menerus membuka media sosial dan melupakan hal-hal penting di dunia nyata.
  2. Tidak tahan untuk berkomentar bahkan sampai melakukan ujaran kebencian.
  3. Merasa tidak tenang, serta iri dengan dengan unggahan orang lain di media sosial.

Bila Anda berat melakukannya, awali dengan niat perubahan agar hidup terasa lebih baik. Lalu paksakan diri Anda untuk rela menghapus aplikasi media sosial pada ponsel Anda. Kemudian Anda dapat fokus dan mencari kegiatan lainnya untuk mengisi waktu luang, seperti membaca buku.

Manfaat yang dapat Anda rasakan dari puasa bermain media sosial bagi kesehatan adalah mendapatkan istirahat yang cukup dan kualitas tidur yang baik. Faktanya, cahaya yang dipancarkan layar ponsel dapat mengganggu produksi hormon melatonin tubuh. Untuk itu, kebiasaan berselancar di media social sebelum tidur bisa membuat Anda susah tidur cepat.

Selain itu, dapat mengurangi kecemasan dan stes dalam hidup. Menurut seorang professor psikologi dari Kent State University, berisitirahat dari media sosial dapat mengurangi kecemasan berlebihan hingga depresi. Bahkan orang yang tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial, menunjukkan lebih sedikit gejala depresi.

Berpuasa media sosial dapat membantu Anda mengendalikan kecemasan, kekhawatiran dan membiasakan diri agar tidak ketergantungan mencari kabar melalui media sosial. Sehingga membuat komunikasi dengan orang terdekat berkurang. Seperti diketahui, ketergantungan seseorang pada media sosial dapat dengan cepat berubah menjadi kecanduan hingga tidak terkendali.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok