Tanda Kekebalan Tubuh Melemah dan Tips untuk Mengembalikannya

April 09, 2022 | Helmi

kekebalan tubuh

Tubuh manusia sangat mampu memberikan sinyal ketika menjadi tidak mampu menangani penyakit virus umum dan kondisi ringan lainnya. 

Ini memberi peringatan ketika sistem kekebalan lemah dan tidak begitu efisien dalam melindungi terhadap patogen. Mengetahui peringatan atau tanda tersebut dapat membantu Anda mengatasi masalah. 

Di bawah ini adalah daftar tiga tanda dari sistem kekebalan tubuh Anda yang lemah.

Sering Sakit

Jika Anda lebih sering sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari biasanya, sistem kekebalan Anda pasti bekerja dengan kecepatan yang lambat. 

Bersin dan pilek sangat umum terjadi selama musim dingin, tetapi jika terjadi lebih sering dan bukan musim dingin, kondisi ini akan memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah dengan garis pertahanan pertama Anda melawan patogen.

Mengalami Stres

Tingkat stres yang minimal tidak dapat disangkal bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Stresor akut seperti kemacetan lalu lintas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dalam jangka pendek. 

Tetapi jika Anda sedang stres dan mengalami stres kronis, pasti ada yang salah dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan Anda menderita infeksi yang meningkat dan pemulihan yang buruk dari penyakit.

Sering mengalami luka dingin dan herpes zoster

Luka dingin dan herpes zoster disebabkan oleh keluarga virus herpes, dan mereka cenderung memiliki ruam yang tampak serupa. 

Virus herpes dapat memasuki keadaan tidak aktif di dalam tubuh, tetapi dapat diaktifkan kembali dan mulai bereplikasi ketika sistem kekebalan mengalami stres. Oleh karena itu, kondisi ini dapat menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh lemah.

YesDok Ads

Tips Memperkuat Kekebalan Tubuh

Dokter spesialis penyakit dalam Dr. Michael E. Ford, MD, telah membagikan tips sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan melalui situs web Presbyterian New York Hospital.

Latihan aerobik

Olahraga teratur telah dikaitkan dengan memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, dan juga dikatakan dapat mengurangi stres dan membantu meredakan depresi. 

Menurut Ford, orang yang melakukan latihan aerobik setiap hari lebih jarang sakit daripada orang yang tidak. Itu karena aktivitas tersebut membawa beberapa perubahan positif pada tubuh. 

Ini meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengatur berat badan.

Diet seimbang

Ford menyarankan untuk memiliki "diet yang lengkap dan seimbang" yang dikemas dengan sayuran, daging tanpa lemak, dan lemak sehat. 

Dia mengatakan bahwa ini akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi. Alih-alih mengkonsumsi suplemen probiotik, ia juga merekomendasikan menambahkan yogurt dan makanan fermentasi ke dalam diet akan memiliki efek yang jauh lebih baik pada tubuh.

Cukup tidur

Tidur yang cukup memberikan keajaiban bagi tubuh. Tidur lebih dari sekedar stirahat karena juga melibatkan proses revitalisasi. 

Ford mengatakan setiap orang harus tidur enam sampai delapan jam per malam sehingga "seluruh sistem tubuh direvitalisasi." Berpegang teguh pada rutinitas waktu tidur dapat membantu meningkatkan pola tidur yang baik, bebas dari gangguan.

YesDok Ads