Diet
+1

Tanda Diet Anda Kekurangan Protein

August 24, 2020 | Aqiyu

Diet

Diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun tidak sedikit orang yang salah menerapkan diet. Diet bukan berarti tidak makan, tetapi mengatur porsi makan dan makanan yang dikonsumsi pun tidak sembarangan.

Bila Anda diet dengan tidak makan hanya akan membuat Anda mudah lapar dan melahap banyak makanan saat makan. Saat diet sebaiknya Anda mengatur jam makan dan ngemil serta memilih makanan yang mengandung tinggi protein. Tubuh yang kekurangan protein akan memicu masalah kesehatan. Berikut tanda diet Anda kekurangan protein:

Mudah lapar

Ciri tubuh yang kekurangan protein adalah mudah lapar. Bahkan keinginan untuk mengonsumsi sesuatu sangat mengebu-gebu. Anda pun tidak ada pernah puas atau kenyang saat makan. Bila kebutuhan protein dalam tubuh terpenuhi, Anda tidak akan mudah lapar. Karena sejatinya protein tidak mudah dicerna dan membuat kenyang lebih lama.

Otot melemah

Otot akan melemah dan terjadi nyeri sendi bila makanan yang Anda konsumsi tidqk mengandung protein. Diet yang kekurangan protein akan membuat tubuh Anda kehilanhan massa otot tanpa lemak.

Rambut rontok

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh protein yang diserap oleh tubuh. Dimana tubuh yang kekurangan protein akan membatasi pengeluaran protein berhenti menggunakan protein untuk hal yang dirasa kurang penting seperti pertumbuhan rambut.

Kuku mudah patah

Tanda lainnya bahwa tubuh Anda kekurangan protein adalah kuku rapuh atau mudah patah. Kuku memliki lapisan protein yang disebut keratin. Saat tubuh kekurangan protein maka tidak ada pondasi untuk kuku.

Kesulitan tidur

Otak adalah organ tubuh yang mengatur semua hormon yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak. Ketika tubuh Anda kekurangan protein maka terjadi ketidakseimbangan hormon. Sehingga menyebabkan Anda mengalami kesulitan dalam tidur. Hal ini juga menunjukkan bahwa protein dapat menjaga kesehatan otak.

(Foto: hindustan times)

YesDok Ads