Diet
+1

Tanda Bahwa Olahraga yang Anda Lakukan Tidak Menurunkan Berat Badan

October 19, 2019 | Iman

Semua mungkin tahu bahwa olahraga teratur dan diimbangi pola makan sehat adalah dua komponen terpenting dalam penurunan berat badan. Namun sayangnya, terkadang pola makan dan olahraga teratur justru bisa membuat Anda bertambah berat jika tidak hati-hati.

 
Jika Anda merasa sudah melakukan segalanya dan masih kurang maksimal, coba kembali tanya dalam diri Anda bisa jadi ada yang keliru. Dilansir Times of India, berikut beberapa alasan mengapa usaha diet Anda sia-sia. 

 
1. Surplus Kalori

Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya berarti mengonsumsi sayuran hijau dan makanan sehat tetapi juga memeriksa jumlah kalori yang Anda konsumsi. Perhatikan dan coba hitung kalori yang Anda, makan setiap hari, apa sudah sebanding dengan yang dibutuhkan tubuh. 


2. Nyemil Tidak Sehat

Ada banyak bar nutrisi dan makanan ringan yang tersedia di pasaran saat ini dan diklaim sehat. 
Tidak ada yang salah tentunya, tapi coba cek kembali kandungan gizi pada label kemasannya. Bisa jadi itu sarat gula berlebih dan punya lemak jenuh. 


3. Kurang Terhidrasi 

Sering kali tubuh Anda merasa bingung rasa haus akan lapar dan akhirnya Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan. Menjaga diri Anda tetap terhidrasi adalah sangat penting apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau tidak. Hidrasi yang tepat menjaga metabolisme Anda tetap sehat, menekan napsu makan tak perlu.


4. Kurang Gerak

YesDok Ads

Banyak dari Anda berpikir bahwa jika Anda telah menghabiskan waktu lama di gym lalu Anda berpikir tidak perlu lagi gerak lebih. 
Tetaplah konsisten aktif gerak mesti pada suatu waktu Anda punya sesi di pusat kebugaran. 


5. Hanya Mengandalkan Kardio

Kardio memang baik tetapi latihan mengangkat berat badan mampu membantu Anda membangun otot dan membakar lemak lebih efisien. Meningkatkan massa otot juga meningkatkan metabolisme tubuh hingga lima persen. Bukan hanya itu, latihan angkat beban juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan seperti jantung. 


6. Terobsesi dengan Hasil

Beberapa orang terlalu terobsesi dengan hasil pada timbangan badan sehingga mengecilkan prosesnya. Perlu dicatat bahwa berat badan kita bisa naik turun hingga 2,5 kg dalam sehari. Terkadang, Anda sedang membangun otot saat mencoba menurunkan berat badan, yang dapat menyebabkan berat badan Anda tetap stagnan dan bahkan meningkat. 


7. Baru Mulai Berolahraga

Jika Anda baru saja mulai berprogres, boleh saja berbangga. Namun juga ingat jangan berpuas diri. Umumnya mereka yang baru merasa ingin cepat dalam hasil. Untuk hal ini, siasatilah dengan memvariasikan berbagai jenis olahraga dan gabung komunitas, misalnya untuk atasi rasa jenuh. 

(Foto: cnet.com)

YesDok Ads