Tanda Bahwa Anda Memerlukan Tes Covid-19

February 20, 2021 | Iman

Tes Covid-19

Vaksinasi telah dimulai di seluruh dunia, akan tetapi pandemi belum dapat dikatakan terkontrol sepenuhnya. Oleh karena itu tetap penting menjalankan protokol kesehatan.

Munculnya mutasi COVID yang lebih baru hingga adanya beberapa kasus reinfeksi adalah bukti bahwa pandemi ini tidak bisa dianggap remeh. Para ahli masih percaya bahwa kurangnya pengetahuan yang tepat dan kesadaran akan gejala-gejala yang baru ditemukan adalah salah satu alasan untuk tidak melepaskan pertahanan kita.

Karena itu perlu mengetahui tanda-tanda awal masalah, menjalani tes tepat waktu akan mempercepat pemulihan, serta mengurangi komplikasi dan risiko COVID yang berkepanjangan. Berikut tanda-tanda Anda perlu tes Covid-19.

Diare

Seringkali dianggap sebagai tanda COVID-19 yang parah, beberapa penelitian mengamati bahwa diare dan infeksi saluran cerna dapat menjadi tanda-tanda yang mengkhawatirkan bahwa SARS-COV-2 dapat menyebar ke usus sehingga memengaruhi sistem pencernaan. 

Diare adalah gejala umum COVID-19, yang belum banyak diketahui orang. Infeksi saluran cerna juga bisa hadir dalam bentuk kram perut, kehilangan nafsu makan, masalah gangguan pencernaan, mual, muntah dan nyeri.

Dalam banyak kasus, diare bisa berkembang biak menjadi masalah seperti ketidakseimbangan metabolisme, penurunan berat badan dan menjadi tanda kekhawatiran. Karena itu, jika Anda tidak punya alasan untuk mencurigai adanya infeksi terkait makanan, dan mengalami gejala lain yang diketahui, segera lakukan tes.

Mudah lelah dan pusing

YesDok Ads

Kelelahan jangan dianggap sebagai gejala biasa, tetapi juga bisa bertindak sebagai satu-satunya tanda virus corona yang mungkin ditunjukkan beberapa orang. Para ahli mencatat gelombang orang mengunjungi rumah sakit mengeluh kelelahan kronis. Kelelahan biasanya merupakan penyebab replikasi virus di dalam tubuh, atau efek samping dari penyakit virus yang mungkin dihadapi tubuh.

Sakit tenggorokan

Demam dan batuk bukan satu-satunya tanda kemungkinan infeksi. Bisa saja virus tersebut menyerang saluran pernapasan dan Anda hanya menunjukkan gejala seperti sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan, yang biasanya merupakan tanda alergi atau infeksi musiman, juga dapat menyerang pasien COVID-19. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang berkepanjangan, suara yang kasar, sesak napas atau kesulitan saat menelan makanan, mungkin itu pertanda Anda harus menjalani tes COVID sekarang juga.

Pegal-pegal

Nyeri otot adalah hasil dari kerusakan yang disebabkan oleh virus pada serat otot dan lapisan jaringan penting. Nyeri otot dan peradangan juga bisa terjadi akibat sitokin yang merupakan tanda yang mengganggu dari reaksi auto-imun. Ingat, nyeri otot bisa menjadi tanda infeksi COVID yang parah dan bisa menyerang Anda tanpa gejala klasik.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads