Tampil Cantik dengan Bulu Mata Palsu, tapi Awas Risikonya!

July 05, 2022 | Claudia

Bulu Mata Palsu

Bulu mata palsu menjadi salah satu andalan banyak wanita untuk mempercantik penampilan mereka. Pemakaian bulu mata palsu memang bisa membuat tampilan mata lebih sedap dipandang. Tapi, adalah risiko di balik pemakaian bulu mata palsu?

Tampilan bulu mata alami seseorang berbeda-beda. Ada yang sudah lentik karena faktor genetik, ada juga yang memiliki bulu mata sangat pendek bahkan tidak terlihat. Pada orang-orang dengan bulu mata pendek, pemakaian bulu mata palsu akhirnya menjadi pilihan untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik dan cantik. 

Ada tiga jenis bulu mata palsu yang biasa digunakan, yakni bulu mata palsu temporer, bulu mata palsu semi permanen, dan bulu mata palsu permanen. Jangka waktu pemakaian dan kerumitan pada waktu pemakaian menjadi pembeda dari ketiga jenis bulu mata palsu ini. Semakin lama jangka waktu pemakaian bulu mata palsu, maka semakin rumit pula pemasangannya.

YesDok Ads

Akan tetapi, ada beberapa bahaya yang juga mengintai di balik pemakaian bulu mata palsu ini, yakni:

  • Iritasi atau alergi akibat lem perekat bulu mata palsu. Beberapa lem bulu mata memang mengandung formalin, yang bisa bereaksi pada kulit yang sensitif. Pastikan Anda membeli bulu mata dengan mutu dan kualitas yang terjamin, sehingga dapat memperkecil risiko iritasi akibat lem bulu mata.
  • Bulu mata palsu bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran. Jika terus dibiarkan dan digunakan, ini bisa menyebabkan infeksi mata. Oleh karena itu, jaga selalu kebersihan bulu mata Anda, dan pastikan untuk menggantinya secara rutin.Jika bulu mata palsu sudah membuat Anda merasa tidak nyaman, maka segera hentikan pemakaian.
  • Bulu mata asli dapat rontok akibat tekanan yang diberikan bulu mata palsu pada folikel. Menggosok-gosok area mata saat memakai bulu mata palsu juga bisa menyebabkan bulu mata asli rontok. Jika kerontokan terus menerus dibiarkan, bulu mata asli akan mengalami kebotakan bahkan sulit untuk tumbuh kembali.
  • Beberapa masalah mata yang disebabkan akibat pemakaian bulu mata palsu juga bisa berujung kebutaan.

Tentu saja Anda bebas memakai bulu mata palsu untuk menambah daya tarik penampilan Anda, namun, akan lebih baik jika Anda sudah tahu apa saja risiko di balik pemakaiannya. Ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya efek samping negatif dari pemakaian bulu mata palsu. Jangan sampai, keinginan untuk tampil cantik, malah berujung mengorbankan kesehatan Anda.

(Foto: cosmo.ph)

YesDok Ads