0 Point
Obesitas

Tak Ingin Obesitas? Lakukan Ini!

Obesitas merupakan kondisi yang merugikan. Saat tubuh kelebihan berat badan, ini bisa menjadi sumber dari banyak penyakit. Selain itu, penampilan Anda akan sangat terganggu jika Anda mengalami obesitas.

Selain kalori dan lemak berlebih, serta kurangnya olahraga, beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan obesitas adalah genetik, ketidakseimbangan hormon, stres, efek samping obat, atau adanya kondisi medis lain yang mendasarinya.

Orang dewasa yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) antara 25 sampai 29,9 dianggap kelebihan berat badan dan orang dewasa yang memiliki IMT 30 atau lebih tinggi, sudah dianggap obesitas. Jika Anda tak ingin sampai mengalami obesitas, maka Anda harus lakukan hal-hal ini:

Batasi Asupan Gula

Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat dikaitkan dengan sejumlah penyakit, termasuk obesitas, diabetes tipe-2, kanker, dan penyakit jantung. Ini sebabnya, Anda harus membatasi asupan gula dengan meminimalkan konsumsi camilan seperti kue, biskuit, minuman manis, dan lain-lain.

Makan lebih banyak serat

Makanan kaya serat bisa membantu menurunkan berat badan. Bagaimana caranya? Serat larut air merupakan jenis serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti brokoli, buah beri, pir, jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian, setiap hari dapat menjaga tubuh lebih sehat dan membantu Anda terhindar dari obesitas.

Tambahkan asupan protein

Ketika ingin menurunkan berat badan, protein dianggap sebagai nutrisi penting yang tak boleh dilewatkan. Tubuh Anda membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein yang Anda konsumsi. 

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 80-100 kalori per hari, dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Telur, susu, daging ayam, selai kacang, merupakan beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Minum banyak air

Alih-alih minum minuman yang manis, minum air putih yang lebih murah nyatanya jauh lebih sehat. Minum air yang cukup dapat membantu melawan obesitas. Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar hingga 24-30 persen selama satu jam. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang-orang paruh baya. Minum banyak air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi kembung.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang ketika dikonsumsi akan memberikan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan pencernaan. Selain kesehatan pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus, menghambat penyerapan lemak makanan, mengurangi nafsu makan dan meredakan peradangan. Biasakan untuk konsumsi semangkuk yoghurt tanpa rasa setiap habis makan berat.

(Foto: aamc.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok