Diet
+1

Tak hanya Unik, Belimbing juga Kaya Manfaat

September 06, 2019 | Claudia

Banyak buah-buahan yang memiliki bentuk yang unik, salah satunya adalah belimbing. Saat Anda mengiris buah belimbing, maka bentuk seperti bintang akan tampak. Tak hanya bentuknya yang unik, rasanya yang enak dan segar juga membuat belimbing menjadi buah favorit khususnya jika diolah menjadi rujak.

Satu lagi kelebihan belimbing yang bisa diberikan pada siapapun yang memakannya ialah kandungan nutrisinya yang cukup tinggi. Pada 100 gram buah belimbing, disebut terdapat 34,4 miligram vitamin C, 1 gram protein, 133 miligram potasium, 10 miligram magnesium, 2 miligram natrium, 61 IU vitamin A, 3 miligram kalsium dan 0,1 miligram zat besi. Tak sampai di situ, sejumlah besar antioksidan juga hadir pada buah belimbing, misalnya senyawa polifenol, quercetin, asam galat, dan epikatekin.

Dengan melihat sejumlah besar nutrisi yang terkandung di dalam buah belimbing, sudah barang pasti mengonsumsinya dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh Anda. Mari kita ulas lebih lanjut, apa saja manfaat kesehatan pada buah belimbing:

Meningkatkan kesehatan jantung

Hadirnya potasium dan natrium dalam buah belimbing dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Menjaga tingkat tekanan darah berada dalam level normal sangat penting untuk menjaga fungsi jantung dengan baik, dan memastikan detak jantung tetap teratur serta aliran darah berjalan sehat.

Mengatasi masalah kulit

YesDok Ads

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti eksim. Eksim disebabkan oleh faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri di kulit. Semua ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya akan vitamin C, membuat buah belimbing sangat baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh yang baik, akan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit akibat infeksi virus atau bakteri, seperti batuk, demam dan sakit tenggorokan. Mengonsumsi buah belimbing setiap hari, bisa membantu menjaga kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan produksi sel darah putih.

Menurunkan berat badan

Kabar gembira bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebab mengonsumsi buah belimbing bisa menjadi solusinya. Buah belimbing mengandung 31 kalori yang tidak akan membahayakan tubuh Anda. Belimbing juga memiliki serat yang membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah Anda dari makan secara berlebihan. Tak hanya itu, mengonsumsi buah berbentuk bintang ini juga dapat mempercepat metabolisme dan membantu mengurangi berat badan berlebih. Semakin tinggi metabolisme, maka semakin banyak kalori yang Anda bakar, sehingga semakin mudah bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

(Foto: Tastessence.com)

YesDok Ads