Diet
+1

Tak Hanya Timbangan Berkurang, Ini Tanda Berat Badan Turun

February 26, 2022 | Aqiyu

timbangan berat badan

Saat berat badan naik, timbangan rasanya seperti musuh. Melihat timbangan timbul rasa takut, khawatir dan jengkel. Menurunkan berat badan memang harus melalui proses yang panjang. Karena berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat pun sangat tidak disarankan. Bila Anda enggan untuk mengetahui berat badan melalui timbangan, ada beberapa cara untuk melacak berat badan apa sudah turun atau belum.

Berikut tanda berat badan berkurang yang wajib Anda ketahui:

Pakaian Terasa Longgar

Jangan takut untuk mencoba baju lama Anda di lemari. Jika pakaian lama Anda terasa lebih longgar, tidak membentuk lipatan lemak dan dapat dikancingkan, itu artinya Anda telah kehilangan beberapa kilogram dari bobot tubuh dan diet yang Anda terapkan berhasil.

Tidak Sering kelaparan

Tanda menurunnya berat badan juga bisa dilihat dari nafsu makan. Jika sebelumnya Anda kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan, namun kini tidak sering merasa kelaparan, berarti timbangan Anda mulai ke arah kiri.

Lebih Mudah Beraktivitas

YesDok Ads

Kelebihan berat badan dapat membuat seseorang kesulitan untuk beraktivitas. Tubuh terasa lebih ringan, sehat dan energik. Bahkan Anda juga dapat merasa lebih bahagia dan merasa lebih hidup dari sebelumnya.

Terlihat Perubahan di Cermin

Saat berat badan menyusut, Anda dapat melihat perubahannya di depan cermin atau foto. Lewat foto yang Anda dokumentasikan sebagai perjalanan diet Anda bisa dijadikan sebagai indikator perubahan fisik.

Tidur nyenyak

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang memiliki sindrom metabolik lebih cenderung mendengkur saat tidur dan mudah mengalami kenaikan berat badan. Saat orang mengalami gangguan tidur maka biasanya akan melampiaskan pada makan larut malam. Pola tidur yang baik dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Jadi, jika Anda merasa tidur lebih nyenyak dan berkualitas, maka semakin kecil pula risiko untuk mengalami kenaikan berat badan. 

(Foto: NBC news)

YesDok Ads