Tak Hanya Ruam, Ini Gejala Campak yang Perlu Dikenali

January 19, 2023 | Claudia

Gejala Campak

Campak atau rubella adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, meskipun vaksin yang aman dan efektif juga telah tersedia.

Gejala campak

Gejala campak umumnya muncul dalam waktu 10 hingga 12 hari setelah seseorang terpapar virus penyebab campak. Beberapa gejala campak yakni:

  • Batuk
  • Demam
  • Pilek
  • Mata merah
  • Sakit tenggorokan
  • Bercak putih di dalam mulut

Ruam kulit yang meluas adalah gejala khas dari campak. Ruam dapat bertahan hingga 7 hari dan umumnya muncul dalam waktu 14 hari setelah terpapar virus. Ruam biasanya muncul dan berkembang di kepala, dan perlahan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyebab campak

Campak disebabkan oleh infeksi virus dari famili paramyxovirus. Virus adalah mikroba parasit kecil. Virus campak menginfeksi saluran pernapasan terlebih dahulu, dan kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah.

Campak diketahui hanya terjadi pada manusia dan tidak terjadi pada hewan.

Apakah campak ditularkan melalui udara?

Campak dapat menyebar melalui udara dari droplet dan partikel aerosol kecil. Seseorang yang terinfeksi campak dapat melepaskan virus ke udara ketika mereka batuk atau bersin.

Virus juga dapat menempel pada permukaan benda. Anda dapat terinfeksi jika bersentuhan dengan benda yang telah terkontaminasi, seperti gagang pintu, lalu kemudian menyentuh area wajah seperti hidung, mata, atau mulut.

Virus campak dapat hidup di luar tubuh lebih lama. Virus bahkan tetap bisa menular di udara atau di permukaan benda selama dua jam.

Campak sangat menular, artinya, infeksi dapat menyebar dengan sangat mudah dan cepat dari orang yang satu ke orang yang lainnya. Seseorang yang rentan mengalami infeksi, memiliki peluang 90 persen untuk mengalami campak.

Seseorang yang terinfeksi campak dapat menyebarkan virus ke orang lain, bahkan sebelum ia tahu bahwa ia mengidap campak.

Faktor risiko utama seseorang dapat terkena campak adalah akibat tidak divaksinasi. Selain itu, beberapa kelompok orang juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi akibat infeksi campak, termasuk anak kecil, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan wanita hamil.

Berikut adalah penyebab dan gejala campak. Ketahui detailnya dan konsultasikan pada dokter YesDok jika Anda mengalami gejala campak. Simak pertolongan pertama penyakit campak.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: uoflhealth.org)

YesDok Ads