Sexuality
Adult
+1

Tahukah Anda Penis Bisa Ereksi Saat Tidur?

June 29, 2022 | Aqiyu

Tahukah Anda Penis Bisa Ereksi Saat Tidur?

Mungkin Anda sudah sering dengar mengenai penis yang ereksi di pagi hari. Namun, pernahkah Anda mengalami penis ereksi saat tidur? Ternyata penis juga bisa ereksi ketika Anda sedang tidur, loh.

Sebenarnya penis ereksi terjadi akibat perintah otak yang menerima sinyal, baik sinyal yang dipicu oleh rangsangan seksual maupun tidak. Kemudian sinyal akan dilepaskan menuju saraf dan pembuluh darah di penis. Setelah pembuluh darah di penis melebar dan pembuluh darah balik akan menutup. Inilah yang membuat darah mengisi roangga oenis dan memberikan tekanan sehingga penis mengeras dan mengalami ereksi.

Rangsangan seksual yang bisa didapatkan saat tidur seperti mimpi basah atau erotis. Mimpi basah biasanya terjadi pada Anda sedang berada di fase tidur rapid eye movement (REM). Tanda Anda mengalami tidur REM adalah bola mata yang cepat ke segala arah. Sedangkan jika penis “bangun” akibat tanpa rangsangan seksual, biasanya terjadi karena meningkatnya hormon testosteron. Pada umumnya peningkatan hormon testosteron terjadi pada pria yang memasuki masa pubertas. 

Selain itu, penis juga dapat dapat ereksi ketika bersentuhan dengan sesuatu misalnya bantal atau guling. Ereksi saat tidur nyenyak bisa berlangsung selama 3-5 kali dengan durasi sekitar 25-35 menit. Anda mungkin akan mengalami ereksi setiap dua atau tiga jam semalam. Hal ini juga bisa terjadi berdekatan dengan waktu bangun tidur. Itu kenapa, Anda bisa mengalami ereksi saat bangun tidur. 

YesDok Ads

Menurut ahli urologi, ereksi saat tidur bisa disebut juga sebagai ereksi nocturnal. Dimana ereksi nokturnal ini sebenarnya sangat penting dalam menunjang ereksi disaat sadar. Karena kekurangan ereksi di malam hari juga bisa diartikan seperti kerusakan saraf, penyakit arterial, hipertensi hingga diabetes. Serta bisa saja Anda memiliki kadar hormon testosterone yang rendah. Jika kadar testosteron di bawah rata-rata maka pria berpotensi mengalami ereksi yang sedikit di malam hari.  

Dengan kata lain, ereksi bisa dijadikan sebagai tolak ukur kondisi kesehatan yang baik di malam hari. Ereksi di malam hari ini merupakan pertanda bahwa tubuh pria dalam keadaan yang baik.

 (Foto: the montfort surgery)

YesDok Ads