Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi 0-12 Bulan

December 07, 2019 | Aqiyu

Mungkin banyak orang tua yang penasaran dengan penglihatan bayi saat baru lahir. Apakah bayi dapat melihat dengan jelas yang berada disekelilingnya. Tentunya penglihatan bayi yang baru lahir tidaklah sejelas penglihatan orang dewasa.

Seiring bartambahnya usia, maka penglihatan bayi pun semakin berkembang. Untuk itu kenali dan ketahui tahapan perkembangan penglihatan bayi mulai dari 0-12 bulan sebagai berikut:

  1. Pada bayi newborn, pandangannya masih buram dan hanya bisa fokus melihat sesuatu dengan jarak 20-30 cm.
  2.  Di usia 1 bulan, bayi juga belum bisa fokus melihat jauh. Namun wajah ayah saat mendekapnya dan ibu saat menyusui adalah hal teefavorit untuknya.
  3.  Memasuki usia dua bulan, bayi masih sulit membedakan warna dan lebih suka dengan pola hitam putih.
  4. Bayi yang sudah berusia 3-4 bulan mulai menyukai benda-benda berwarna an mulai tertarik untuk memegang mainannya.
  5. Bayi sudah makin pintar memerhatikan benda-benda dan suka dengan permainan cilukba di usia 5 bulan.
  6. Di usia bayi 8 bulan, bayi dapat mengenali warna dan wajah orang-orang terdekat dengan jelas.
  7. Setelah berusia 9 bulan, penglihatan bayi semakin tajam. Bahkan ia sudah mulai menunjuk dan mengambil benda yang ia mau.
  8. Genap di usia 12 bulan, penglihatan bayi sudah sejelas mata orang dewasa.

Tahapan perkembangan penglihatan bayi berbeda-beda. Namun agar penglihatannya semakin optimal Anda bisa menstimulasinya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan benda atau mainan warna-warni dan aneka gambar dengan warna yang cerah.

YesDok Ads

Menstimulasi penglihatan bayi sangatlah penting karena agar kerja otot mata agar sinkron dengan otak. Jika antara mata dan otak berjalan tidak sesuai maka akan mengakibatkan kelainan seperti mata juling dan tidak bisa melihat lurus.  

(Foto: stocky united)

YesDok Ads