Susu Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

April 27, 2020 | Iman

Kurma dan susu

Bulan Suci Ramadan adalah bulan dimana umat muslim berpuasa, menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Setelah berpuasa, tubuh membutuhkan asupan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bernutrisi untuk menggantikan energi yang hilang seharian.

Kebanyakan masyarakat Indonesia terbiasa berbuka puasa dengan yang manis. Hal ini memang baik karena kandungan karbohidrat mengembalikan energi, namun lebih baik lagi asupan yang dipilih juga kaya dengan nutrisi lainnya dan nyaman dikonsumsi setelah perut lama kosong.

Beberapa ahli mengatakan bahwa susu bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang sangat baik, karena selain mengandung gula alami juga bernutrisi lengkap. 

Salah satunya adalah Nutrisi makro yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat sementara nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan bermacam-macam mineral, sehingga susu baik untuk membantu menjaga dan mempertahankan kondisi tubuh selama berpuasa. 

YesDok Ads

Saat menjalani puasa, tubuh kita memasuki fase berpuasa terhitung 8 jam setelah makan dan minum terakhir. Jika kita berpuasa kurang lebih 13 - 14 jam perhari, maka ada jeda beberapa jam saat perut dalam kondisi benar-benar kosong. Setelah seharian berpuasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. 

Anda bisa mengonsumsi Susu sapi yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk berbuka, karena memiliki banyak manfaat dan berperan penting dalam melengkapi kecukupan gizi. Minum susu dalam kondisi perut kosong justru sangat baik karena penyerapan zat gizi oleh tubuh lebih maksimal. 

Namun perlu diingat, memang tidak semua orang bisa minum susu dengan nyaman saat perut dalam keadaan kosong, sehingga harus memilih susu yang sesuai.

(Foto : kensingtonmums.co.uk)

YesDok Ads