Suntik Botox, Yay or Nay?

March 27, 2022 | Claudia

Suntik Botox

Seiring bertambahnya usia, kulit yang seseorang akan mengalami penuaan. Banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang demi untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Salah satu perawatan antipenuaan yang banyak digandrungi adalah suntik botulinum toxin atau yang lebih dikenal dengan sebutan botox. Suntik botox bermanfaat untuk menghilangkan kerutan-kerutan terutama pada bagian dahi dan sekitar mata. Tak hanya itu, botox juga bisa digunakan untuk membentuk bibir, memperbesar bentuk mata, dan memancungkan hidung.

Selain untuk kecantikan, botox juga kerap diberikan untuk menangani kondisi kesehatan seperti hiperhidrosis, distonia cervical, migrain, mata kedutan, atau disfungsi kandung kemih. Botox bekerja dengan cara memblokir aktivitas saraf pada otot. Oleh karenanya, aktivitas otot akan menurun untuk sementara waktu dan otot menjadi lumpuh.

Apakah botox berbahaya? Botox sebenarnya aman-aman saja, jika disuntikkan dalam kadar kecil dan dilakukan oleh dokter profesional. Namun suntikan ini harus benar-benar mengenai sasaran agar tidak berpengaruh pada otot lain. Di Indonesia, botox sudah terdaftar resmi sebagai relaksan otot dengan kategori obat keras yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

YesDok Ads

Suntik botox biasanya baru akan bekerja dalam beberapa hari, untuk efektivitasnya sendiri akan berlangsung selama 3-6 bulan. Setelah dilakukannya perawatan, pasien mungkin akan merasakan pembengkakan atau memar pada kulit, pusing, hingga mata kering. Kondisi ptosis atau kelopak mata turun merupakan komplikasi yang paling sering terjadi setelah suntik botox.

Jika Anda tertarik melakukan perawatan suntik botox, Anda disarankan untuk benar-benar memikirkannya secara matang sebelum menjalaninya. Satu yang tak kalah penting, pastikan untuk melakukan suntik botox dengan dokter yang memiliki kualifikasi di bidang ini, atau jika pun suntik tidak dilakukan oleh dokter cermati dengan teliti jenis dan merek botox yang digunakan.

Meski bisa mempercantik tampilan Anda, botox juga bisa menimbulkan risiko atau efek samping yang tidak diinginkan. Jadi, bijak-bijaklah sebelum menentukan pilihan Anda!

(Foto: scitechdaily.com)

YesDok Ads