Sumber Makanan Alami untuk Buat Kulit Sehat

April 16, 2020 | Helmi

kulit sehat

Nutrisi sangat penting dalam menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, tak terkecuali untuk kulit Anda. Makanan yang Anda makan juga dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan dan penuaan kulit Anda.

Seperti semua organ vital lainnya di tubuh Anda, kesehatan kulit juga penting, baik untuk mengantisipasi musim panas yang cerah atau sekadar untuk menangkal berbagai penyakit kulit.

Makanan alami berikut ini akan membantu Anda menjaga kulit tetap sehat:

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, yang cukup penting untuk menjaga kulit yang fleksibel dan lembab. Buah satu ini juga sangat kaya akan vitamin E dan C.

Sementara kedua vitamin melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif dan mengurangi penuaan, vitamin C adalah komponen penting dalam produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kulit Anda kuat dan sehat.

Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, nutrisi nabati yang diubah menjadi vitamin A ketika berada di dalam tubuh. Antioksidan ini juga ditemukan dalam jeruk, wortel, paprika, dan bayam.

YesDok Ads

Beta-karoten adalah karotenoid yang bertindak sebagai tabir surya alami, menjaga kulit Anda sehat. Ketika dikonsumsi, melindungi sel-sel kulit Anda dari paparan sinar matahari, memastikan bahwa kulit Anda tetap lembut dan kenyal sekaligus mencegah kulit terbakar dan sel-sel yang mati.

Brokoli

Selain mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, brokoli mengandung lutein karotenoid. Seperti beta-karoten dan karotenoid lainnya, lutein membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan keriput.

Selain itu, brokoli mengandung sulforaphane, yang mungkin memiliki sifat anti kanker yang bekerja melawan beberapa jenis kanker kulit, di antara manfaat kesehatan potensial.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk beta-karoten, lutein dan lycopene, yang semuanya membantu menjaga kesehatan kulit. Karoten ini menjaga kulit Anda terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.

Tomat paling baik dimakan ketika Anda menggabungkannya dengan keju, minyak zaitun dan sumber lemak sehat lainnya yang membantu dalam konsumsi karotenoid.

(Foto: Freepik/shisuka)

YesDok Ads