Sulit Untuk Tidak Menyentuh Wajah? Kenali Dulu Kiat Sederhana Untuk Mencegahnya

March 23, 2020 | Kaifia

Seorang wanita menyentuh muka.

Kita semua seringkali menyentuh muka kita secara tidak sadar. Menggaruk hidung yang gatal, mata yang lelah, menyeka noda di sekitar mulut setelah makan dengan tangan Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa memegang wajah dapat meningkatkan risiko infeksi flu terutama virus corona?

Mulut dan mata merupakan area dimana virus dapat masuk dengan cepat, dan yang diperlukan hanyalah menyentuh mereka dengan jari yang sudah terinfeksi.

Menurut artikel yang dipublikasikan oleh Healthline, Mencuci tangan adalah kuncinya.

Mengapa begitu? 

Jadi, kita harus mengambil tindakan pencegahan seperti mencuci tangan setidaknya 20 detik. Tapi ini hanya bisa membantu jika kita juga menghindari menyentuh wajah kita, karena tidak ada cara untuk mengetahui kapan Anda menyentuh benda kotor di sekitar Anda.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan yang efektif terdiri dari lima langkah sederhana:

  • Membasahi

  • Busa

  • Menggosok

  • Membilas

    YesDok Ads

  • Mengeringkan

Namun, kita sering menyentuh wajah kita sehingga kemungkinan untuk mengkontaminasi tangan kita sangat tinggi. Yang diperlukan hanyalah menyentuh kenop pintu atau permukaan serupa dan Anda dalam bahaya infeksi kembali.

Zachary Sikora, PsyD, seorang psikolog klinis di Northwestern Medicine Huntley Hospital di Huntley, Illinois, membagi tips berikut untuk menghindari menyentuh wajah Anda di tengah wabah virus corona

“Perhatikan maksud Anda setiap kali Anda ingin menyentuh wajah, jeda singkat dapat membantu Anda menjadi lebih sadar tentang apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda, " katanya.

"Buat tanganmu sibuk. Jika Anda berada di rumah menonton TV, cobalah melipat pakaian, memilah-milah surat, atau memegang sesuatu di tangan Anda, ” Sikora menjelaskan.

Dia juga merekomendasikan penggunaan pembersih tangan beraroma atau sabun tangan beraroma untuk membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah Anda. 

Walaupun Anda yakin mencuci tangan akan mencegah menularkan infeksi ke tubuh Anda, mencuci tangan hanyalah salah satu cara membantu melindungi diri Anda dari virus corona.

Tindakan pencegahan terbaik adalah menghindari menyentuh wajah Anda sebanyak mungkin.

Para ahli mengatakan bahwa menggunakan beberapa metode sederhana akan membantu Anda menghentikan kebiasaan ini. Ini termasuk menggunakan sabun atau pembersih tangan beraroma untuk meningkatkan kesadaran di mana tangan Anda berada.

(Foto: usatoday.com)

YesDok Ads