Diet
+1

Sulit Menghilangkan Lemak di Perut? Hormon Ini Bisa Jadi Penyebabnya

December 08, 2021 | Helmi

lemak perut

Kehilangan lemak di perut adalah perjuangan terbesar yang dihadapi kebanyakan orang. Terkadang, Anda tidak mendapatkan hasil bahkan setelah mengikuti rencana diet yang tepat atau berolahraga secara teratur. 

Anda mungkin melihat perbedaan di bahu atau kaki Anda, tetapi lemak perut tetap sulit dihilangkan. Penting untuk mengetahui mengapa lemak perut berkembang dan bagaimana Anda bisa menghilangkannya. 

Jika Anda adalah seseorang yang menghadapi masalah yang sama, ahli gizi dan lifestyle coach, Lavleen Kaur memiliki solusi untuk Anda. Dia menyatakan bahwa hormon 'kortisol' bertanggung jawab atas lemak perut.

“Kita memang membutuhkan hormon stres - kortisol dalam tubuh tetapi hanya dalam jumlah tertentu (agar tidak membahayakan tubuh kita). Jika naik, itu menimbulkan masalah dan bahkan jika levelnya menurun, itu akan membahayakan tubuh. Jadi, sangat penting bagi kita untuk membuat keseimbangan hormon ini,” jelas Lavleen.

Ketika kelenjar adrenal Anda melepaskan kortisol, ia masuk ke dalam sel. Jadi, ketika kortisol masuk ke sel-sel melalui darah, sel-sel Anda memblokir dirinya sendiri, ini disebut resistensi kortisol. Pada dasarnya, sel menolak untuk mengambil kortisol.

YesDok Ads

Sel-sel memblokir diri mereka sendiri karena mereka tidak memiliki kapasitas karena mereka menjadi lemah karena masalah gaya hidup Anda atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Karena penyumbatan sel ini, kortisol melepaskan glukosa dalam darah dari Hati. Jika tidak mendapatkannya dari sana, ia mengambil protein dari tempat lain di dalam tubuh dan mencoba mengubahnya menjadi glukosa. Akibatnya, lemak perut menumpuk.

Ini yang menyebabkan mengapa kortisol tidak bekerja dengan baik. Lavleen menyatakan alasan berikut:

  • Ketika Anda tidak tidur nyenyak
  • Ketika Anda minum banyak kopi
  • Ketika Anda memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak
  • Bila Anda tidak makan makanan yang mengandung seng, magnesium, dan potasium

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Anda harus mengkonsumsi makanan seperti jambu biji, amla dan lemon yang mengandung vitamin C. Anda harus mengonsumsi cukup vitamin D melalui sinar matahari.

Menurut Lavleen, inilah solusi yang dapat dilakukan untuk menjaga kortisol di tubuh Anda menurut Lavleen:

  • Lakukan latihan pernapasan, berjalan, tertawa dan membaca.
  • Jalan-jalan secara teratur
  • Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai dan tetap bahagia.
  • Jika Anda merasa stres, peluk orang yang Anda cintai
  • Berikan tubuh Anda waktu untuk memperbaiki dan mencerna
  • Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna dan memperbaiki setelah makan tetapi jangan terlalu lama jeda antara waktu makan
YesDok Ads