Sulit Hamil Kedua? Ini Penyebabnya!

April 11, 2022 | Aqiyu

sulit hamil

Setelah memiliki anak pertama, mungkin diantara Anda berencana kembali untuk untuk menambah anak. Tapi tidak jarang wanita yang mengalami kesulitan kehamilan kedua setelah memiliki anak pertama. Meski dalam rentang waktu dari melahirkan anak pertama sampai berencana hamil lagi untuk kedua kalinya banyak hal dan perubahan yang terjadi dalam hidup serta tubuh pasangan suami istri. Lalu apa penyebabnya?

Orang yang mengalami kesulitan untuk hamil ke-2 kalinya disebut infertilitas sekunder. Infertilitas sekunder ini diperkirakan terjadi akibat faktor kesuburan yang menurun pada pria maupun wanita. Jadi di faktor kesuburan untuk mendukung kehamilan kedua bukan hanya dipengaruhi oleh wanita tetapi juga pada pria.  Infertilitas sekunder memang cukup umum terjadi dan tidak akan menghilangkan peluang kehamilan. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi infertilitas sekunder adalah gaya hidup yang buruk. Seperti kebiasaan merokok, stres berat, sering mengonsumsi alkohol dan faktor usia dimana Ibu lebih dari 35 tahun atau kondisi medis lainnya misalnya gangguan hormon, infeksi menular seksual dan infeksi pada kandungan. Selain itu faktor yang menimbulkan infertilitas sekunder adalah berat badan yang berlebihan hingga adanya riwayat keguguran. Bila anda tidak memiliki riwayat yang disebutkan, cobalah Periksa ke dokter kandungan untuk mencari penyebabnya.

YesDok Ads

Untuk meningkatkan peluang kehamilan kedua anda dan pasangan bisa rutin mengonsumsi makanan bergizi. Terutama makanan yang dapat menunjang kesuburan kandungan seperti sayuran hijau, buah jeruk, alpukat, ikan salmon, tiram, kacang biji-bijian, telur dan susu. Agar hasil lebih maksimal Anda juga dapat mengonsumsi obat atau suplemen dari dokter untuk merangsang pengeluaran sel telur maupun meningkatkan produksi sperma.

Selain itu anda dan pasangan juga harus dapat mengelola stres dengan baik. Karena stres atau depresi dapat mempengaruhi kesuburan. Lakukan olahraga dengan rutin minimal 30 menit sehari agar tubuh tetap fit dan bugar. Hal terpenting lainnya yang dapat dilakukan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih baik lagi. Berhenti kebiasaan merokok, hindari terkena paparan asap rokok dan tidak mengonsumsi alkohol minuman bersoda dan berkafein secara berlebihan.

(Foto: freepik)

YesDok Ads