Sulit Fokus? Coba Tips Berikut Ini

August 09, 2019 | Helmi

Memberikan fokus penuh pada apa yang sedang Anda kerjakan memang mudah untuk diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Dengan fokus penuh, Anda bisa merampungkan tugas-tugas Anda tepat waktu.

Menemukan cara untuk fokus pada pekerjaan Anda dan menghindari gangguan bisa sangat sulit dilakukan. Ada banyak faktor yang dapat mencegah Anda memberikan perhatian penuh pada pekerjaan Anda. Tetapi ada beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak Anda.

Blok Konsentrasi

Mungkin metode fokus satu ini bisa Anda coba. Metode ini menyarankan Anda untuk fokus bekerja selama 20 hingga 30 menit kemudian dilanjutkan dengan istirahat 5 menit. Dengan metode ini diharapkan Anda dapat tetap fokus dan meminimalisir kelelahan.

Blok konsentrasi akan membantu Anda memberikan 90 hingga 100 persen fokus Anda selama 20 hingga 30 menit setiap sesinya. Ini akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Perbaiki Meja Kerja Anda

Apa yang Anda lihat di sekitar Anda akan memengaruhi cara Anda bekerja. Produktivitas Anda tergantung pada lingkungan visual Anda. Maka dari itu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman secara visual, khususnya meja kerja Anda, akan sangat membantu Anda untuk fokus.

Sebuah studi menunjukkan bahwa meja kerja yang ditata dapat meningkatkan fokus seseorang. Begitu juga sebaliknya. Tata meja Anda sesuai dengan preferensi Anda.

YesDok Ads

Beberapa orang menikmati ruang yang terorganisir, namun sementara sebagian yang lain menggunakan kekacauan di meja kerjanya untuk memiliki motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka lebih cepat.

Pilih Suara yang Nyaman di Telinga

Keheningan total juga dapat meningkatkan konsentrasi. Tetapi beberapa orang menjadi lebih produktif ketika mereka mendengar suara sekitar, seperti kursi bergerak dan mesin kopi di sebuah kafe.

Pilih tempat di mana Anda merasa nyaman. Para peneliti merekomendasikan bekerja di tengan keramaian sebuah coffee shop dengan tingkat kebisingan 70 desibel. Namun untuk tingkat kebisingan di atas 85 desibel akan dapat mengganggu.

Konsumsi Suplemen

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan fokus maksimal adalah dengan mengonsumsi suplemen. Konsumsi suplemen atau vitamin akan sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan fokus Anda.

(Foto: Natural Force)

YesDok Ads