Suka Memangku Laptop? Kenali Bahayanya

April 04, 2021 | Aqiyu

memangku laptop

Laptop adalah benda yang banyak digunakan untuk bekerja, apalagi ketika orang-orang diharuskan Work From Home (WFH). Keunggulan dari laptop yang ringkas dan mudah dibawa bepergian sehingga memungkinkan untuk Anda bekerja dimana saja sesuai dengan keinginan Anda.

Saat tidak ada meja untuk meletakkan laptop, mungkin Anda akan menggunakannya dengan cara meletakkan di paha atau memangkunya. Namun sayangnya, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan Anda. Ada bahaya kesehatan mengintai Anda yang sering memangku laptop. Berikut bahaya memangku laptop yang wajib Anda ketahui:

Menyebabkan masalah punggung

Menggunakan laptop dengan cara meletakkannya di paha sangat tidak disarankan. Posisi yang tidak ideal dapat mengakibatkan nyeri punggung, sampai pundak dan leher. Hal ini diakibatkan terlalu sering membungkuk dan posisi tubuh yang buruk.

Menyebabkan gangguan pada kulit

Hal ini disebabkan oleh penggunaan jangka panjang yang mengakibatkan perubahan kondisi kulit menjadi kecokelatan, berbintik, dan menyakitkan. Menurut studi Jurnal Pediatrics kondisi ini disebut dengan erythema abigne atau sindrom kulit terpanggang. Mereka juga melaporkan tercatat sebanyak 10 kasus gangguan kulit akibat memangku laptop dalam penggunaan jangka panjang.

YesDok Ads

Memengaruhi kesuburan

Panas dari laptop dapat memengaruhi kesuburan pria dan menghangatkan sperma hingga tidak aktif. Kondisi ini disebut juga dengan hipertemia skrotum. Jurnal Human Reproduction tahun 2005 mengungkapkan keterkaitan antara panas laptop dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria.

Berpotensi kanker

Sebuah penelitian dari Swiss menyebutkan bahwa memangku laptop yang panas dapat memicu kerusakan kulit yang kemudian berpotensi menjadi kanker kulit. Hal ini terjadi akibat peradangan kulit yang berkepanjangan. Selain itu, meletakkan laptop di atas paha juga dapat meningkatkan risiko kanker testis atau ovarium.

Agar aman saat menggunakan laptop sebaiknya hindari penggunaan laptop di depan sumber cahaya yang terang. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko katarak dan mata lelah. Usahakan posisi laptop setinggi lipatan siku agar tidak terjadi gangguan pada pergelangan tangan dan ketegangan otot. Selain itu, jangan menatap laptop terlalu lama, setiap satu jam sekali sebaiknya Anda beristirahat selama 5-10 menit.

(Foto: pexels by vlada karpovich)

YesDok Ads