Diet
+1

Suka Makan Buah Naga? Ini Manfaatnya

October 06, 2021 | Claudia

Buah Naga

Buah naga adalah buah dari berbagai jenis kaktus. Bentuknya unik, rasanya manis, dan teksturnya renyah. Buah naga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah naga juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalam buah naga, yakni:

Kaya akan antioksidan

Menurut sebuah penelitian di African Journal of Biotechnology, buah naga mengandung antioksidan betacyanin dan betaxanthins. Senyawa ini dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Menurut sebuah makalah dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, aktivitas antioksidan dalam buah naga dapat membantu dalam mencegah kondisi peradangan dalam tubuh. Ini termasuk asam urat dan bentuk lain dari arthritis.

Kaya akan vitamin dan mineral

Menurut penelitian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, nutrisi yang ada dalam buah naga antara lain:

  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Seng

Tak hanya itu, buah naga bahkan juga mengandung sejumlah kecil kalsium dan tembaga yang juga dibutuhkan tubuh untuk kesehatan yang lebih baik.

YesDok Ads

Sifat prebiotik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Electronic Journal of Biotechnology, mengonsumsi buah naga memiliki efek prebiotik pada tubuh yang dapat meningkatkan pencernaan dan memelihara bakteri baik di usus.

Buah naga mengandung karbohidrat yang disebut oligosakarida, yang menurut para peneliti membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut dan usus. Dokter juga menyebut bakteri ini probiotik karena mendukung banyak aspek kesehatan manusia. 

Manfaat prebiotik seperti yang ada dalam buah naga termasuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko infeksi usus.

Mengandung asam lemak yang menyehatkan

Biji kecil dalam buah naga dapat menambah nilai gizi yang signifikan. Menurut penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-9, dan minyak alami. Semua kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan jantung seseorang.

(Foto: yumofchina.com)

YesDok Ads