Sudahkah Anda Mendapat Cukup Waktu Tidur?

January 29, 2022 | Claudia

Tidur

Sudahkah Anda mendapat waktu tidur yang cukup? Cukup tidur sangat diperlukan, untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Sayangnya, kesibukan sehari-hari membuat banyak orang mengabaikan waktu tidur yang bermanfaat. Begadang seolah menjadi rutinitas yang biasa. Padahal, ada bahaya kesehatan yang mengintai di baliknya.

Agar Anda jauh dari berbagai risiko penyakit akibat kurang tidur, maka mengusahakan diri mendapatkan waktu tidur yang cukup penting untuk dilakukan. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya, Anda bisa mendapatkan:

Produktivitas dan konsentrasi yang lebih baik

Ada beberapa penelitian yang dilakukan para ilmuwan di awal tahun 2000-an yang melihat efek dari kurang tidur. Beberapa hal yang telah disimpulkan para peneliti adalah bahwa tidur memiliki kaitan dengan beberapa fungsi otak, termasuk:

  • Konsentrasi
  • Produktivitas
  • Kognitif

Sebuah studi yang lebih baru pada tahun 2015 di Journal of Child Psychology and Psychiatry menunjukkan bahwa pola tidur anak-anak dapat berdampak langsung pada perilaku dan kinerja akademik mereka.

Menurunkan risiko kenaikan berat badan

Hubungan antara penambahan berat badan dan obesitas dengan pola tidur yang berantakan memang belum sepenuhnya jelas. Ada beberapa penelitian yang mengaitkan obesitas dan pola tidur yang buruk.

YesDok Ads

Namun, penelitian yang lebih baru dalam jurnal Sleep Medicine menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kelebihan berat badan dan kurang tidur.

Penelitian ini berpendapat bahwa banyak penelitian sebelumnya gagal menjelaskan faktor-faktor lain, seperti:

  • Minum alkohol
  • Hidup dengan diabetes tipe-2
  • Tingkat aktivitas fisik
  • Jam kerja yang panjang
  • Lama waktu duduk

Kurang tidur dapat memengaruhi keinginan atau kemampuan seseorang untuk mempertahankan gaya hidup sehat, tetapi ini bisa saja tidak memberikan kontribusi langsung terhadap kenaikan berat badan.

Mengatur kalori yang masuk dengan baik

Demikian pula untuk menambah berat badan, ada bukti yang menunjukkan bahwa tidur nyenyak dapat membantu seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari.

Sebagai contoh, satu studi dalam Prosiding National Academy of Sciences Amerika Serikat mengatakan bahwa pola tidur memengaruhi hormon yang bertanggung jawab untuk nafsu makan.

Ketika seseorang kurang mendapatkan waktu untuk tidur, ini dapat mengganggu kemampuan tubuh mereka untuk mengatur asupan makanan dengan benar.

(Foto: mprnews.org)

YesDok Ads