Sudah Coba Teh Kombucha? Ini Manfaatnya

October 17, 2020 | Iman

Teh kombucha

Kombucha kini telah populer, teh hasil fermentasi yang dibuat dari bahan teh, gula, bakteri, dan ragi ini diperkirakan berasal dari China, Jepang, Rusia atau di beberapa negara Eropa Timur. 

Teh ini dikenal karena khasiat obatnya dan telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Teh Kombucha diproses dengan menambahkan koloni simbiosis bakteri, ragi dan gula ke dalam teh hijau atau hitam kemudian dibiarkan berfermentasi. 

Setelah proses fermentasi, teh kombucha berubah menjadi berkarbonasi dan mengandung cuka, vitamin B, probiotik dan enzim. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari teh kombucha.

1. Mendukung kesehatan usus

Teh kombucha kaya kandungan probiotik yang dapat menunjang kesehatan usus. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat menjaga usus tetap sehat dengan menurunkan gejala gangguan pencernaan.

2. Dapat menghancurkan bakteri berbahaya

Teh kombucha mengandung asam asetat, yang diyakini dapat menghancurkan bakteri berbahaya. Selain itu, Aktivitas antimikroba dalam kombucha yang terbuat dari teh hitam atau hijau juga telah terbukti dapat melawan berbagai macam bakteri patogen.

YesDok Ads

3. Meningkatkan kesehatan hati

Sebuah penelitian pada tikus di tahun 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa teh kombucha memiliki efek positif terhadap penyakit hati berlemak non-alkohol.

4. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah Penelitian pada hewan menemukan bahwa teh kombucha dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), namun diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk benar-benar menunjukkan manfaatnya.

5. Dapat mengurangi risiko diabetes

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh kombucha dapat membantu dalam mengelola diabetes. Perlu penelitian lebih lanjut apakah keefektifan teh kombucha dalam mengendalikan gula darah dapat berpengaruh juga pada manusia.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads