Studi: Yoga Mampu atasi Masalah Ginjal Kronis

July 03, 2022 | Iman

Yoga

Yoga berarti 'bersatu' dan menggambarkan cara menjalani hidup yang sehat. Yoga dikembangkan sebagai latihan spiritual ribuan tahun yang lalu.

Apakah Anda sedang mengalami penyakit atau hidup dengan kondisi ginjal kronis? Yoga bisa menjadi salah satu alat modifikasi gaya hidup yang membantu masalah tersebut.

Ginjal adalah organ yang sangat rumit yang menjaga keseimbangan kimiawi melalui jaringan sistem penginderaan dan pengaturan yang kompleks. Mereka memastikan tingkat air, garam, dan keasaman dipertahankan dengan tepat dalam kisaran yang sempit dan membantu fungsi seluler semua organ.

Ginjal memainkan peran utama dalam memurnikan darah dengan menyaring racun darinya. Mereka mengeluarkan hormon penting untuk membantu tubuh kita memproduksi darah dan menjaga tekanan darah.

Menurut penelitian WHO, hampir satu juta nyawa hilang secara global setiap tahun karena komplikasi terkait ginjal dan saluran kemih. Penyakit ginjal kronis (CKD) semakin diakui sebagai masalah kesehatan yang muncul di banyak negara.

Faktor penyumbang utama yang mengarah pada perkembangan CKD adalah diabetes dan hipertensi. Nutrisi yang tidak tepat, stres, dan aktivitas fisik yang tidak memadai menghasilkan gaya hidup yang tidak sehat dan merupakan pendorong utama penyakit ginjal.

YesDok Ads

Intervensi yang memanfaatkan modifikasi gaya hidup dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pasien ginjal kronis dan dialisis. Latihan aerobik dan resistensi memiliki efek positif yang signifikan terhadap kebugaran fisik, tak terkecuali yoga.

Yoga terdiri dari campuran Asana, latihan pernapasan, dan teknik meditasi relaksasi. Jika dilakukan secara rutin, yoga memberi manfaat kebugaran, fleksibilitas, atasi stres dan kecemasan. Fakta bahwa yoga tidak memerlukan peralatan mahal menjadikannya pilihan mudah dilakukan semua orang.

Beberapa gerakan sederhana yang direkomendasikan oleh para ahli untuk meningkatkan fungsi ginjal adalah: Pose Cobra, Pose Jembatan, Pose Duduk Ke Depan, Pose Perahu, Pose Kupu-Kupu Berbaring.

Sebuah studi kecil dan acak baru-baru ini yang diterbitkan dalam International Journal of Yoga, menunjukkan manfaat bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis. Pasien yang mengalami pengurangan fisik yang signifikan secara statistik dalam intervensi yoga selama 6 bulan memiliki tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik dan peningkatan yang signifikan dalam domain fisik dan psikologis tekanan darah sistolik.

Sementara kemajuan dalam ilmu allopathic memiliki pilihan diagnostik dan terapi yang sangat maju untuk pasien dengan penyakit ginjal.

Yoga dapat dilakukan dengan aman oleh pria dan wanita dari segala usia. Sangat penting untuk belajar dan berlatih yoga di bawah pengawasan seorang guru yoga terlatih di bawah bimbingan seorang dokter.

YesDok Ads