Studi: Waktu Tidur Terbaik untuk Jantung yang Sehat

November 22, 2021 | Iman

Tidur

Tidur adalah cara terbaik untuk bersantai dan meremajakan tubuh Anda. Kondisi ini yang mampu menghilangkan semua stres fisik dan mental dan mengurangi risiko berkembangnya berbagai penyakit, termasuk komplikasi kardiovaskular. Meski demikian, bagi sebagian orang, waktu tidur dimulai saat dan saat mereka tertidur, baru-baru ini ada sebuah studi waktu yang optimal untuk tidur untuk memastikan jantung yang sehat.

Menurut sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini, tidur antara jam 10-11 malam adalah waktu terbaik untuk kesehatan jantung. Penelitian baru yang diterbitkan dalam European Heart Journal, mengumpulkan data dari lebih dari 88.000 peserta berusia 43 hingga 79 tahun dalam studi Biobank Inggris, yang setuju untuk memantau waktu tidur dan bangun mereka selama 7 hari menggunakan akselerometer.

Selain itu, para relawan menjalani berbagai penilaian fisik, demografi, gaya hidup dan kesehatan. Studi ini menemukan bahwa orang yang tidur sebelum jam 10 malam dan lebih dari jam 11 malam dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular. Diketahui juga terdapat ada hubungan antara waktu tidur dan risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi pada wanita.

Tidur yang cukup dan waktu tidur yang tepat adalah kunci untuk tubuh yang sehat. Kurang tidur sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes. Oleh karena itu, para penelitian sebelumnya telah menekankan perlunya setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur setiap hari.

“Studi kami menunjukkan bahwa waktu optimal untuk tidur adalah pada titik tertentu dalam siklus 24 jam tubuh dan penyimpangannya dapat mengganggu kesehatan,” kata penulis studi, David Plans.

Plans percaya waktu paling berisiko adalah setelah tengah malam, berpotensi karena dapat mengurangi kemungkinan melihat cahaya pagi, yang mengatur ulang jam tubuh.

Lebih lanjut, Plans menjelaskan bagaimana waktu tidur yang optimal cocok dengan ritme sirkadian dan paparan siang hari. Hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin lebih mungkin mengganggu jam tubuh dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan jantung.

“Namun, pukul 10 - 11 malam jendela tidur yang ideal mungkin tidak berlaku untuk semua orang,” kata konsultan senior kardiologi, Sanjay Bhat.

Tidur yang tepat selama 8 jam tanpa gangguan sangat penting untuk jantung yang sehat dan fungsi tubuh yang sehat. katanya. “Seseorang juga sebaiknya menghindari mengonsumsi alkohol atau pil tidur untuk membantu tidur lebih nyenyak,” Bhat menambahkan.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads